Kekuatan Bangun Pagi #2: Cara Agar anda Bisa Bangun Lebih Awal dari Matahari

Artikel ini adalah bagian kedua dan terakhir dari tema Kekuatan Bangun Shubuh
From the desk of Amhar Maulana Arifin,


Pada artikel sebelumnya saya membahas tentang manfaat dari bangun sebelum matahari terbit. Pada bagian kedua ini saya berikan cara agar anda bisa bangun lebih awal dan menjadikannya kebiasaan.

1. SETTING SIKLUS TIDUR ANDA

Waktu tidur yang baik adalah tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Kebiasaan seperti ini akan menjadikan anda lebih sehat, lebih kaya, dan lebih bijak. Hal ini dikatakan Ben Franklin: early bed, early rise, make a man healthy, wealthy, and wise.

Tapi membiasakan hal tersebut sangat sulit. Apalagi memaksakan tidur lebih awal bagaikan menyiksa diri untuk tidur ketika tidak ngantuk. Maka, agar kita bisa bangun pagi dengan baik, bukan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Hal ini akan membuat kita kerepotan dua kali lipat (memaksa tidur lebih awal, dan memaksa bangun lebih awal). Tidurlah ketika anda mulai ngantuk, dan bangun pada waktu yang tetap setiap hari. Cukup kendalikan akhirnya (bangun lebih awal) yang menjadi tujuan utama kita.

Cara diatas akhirnya akan men-setting siklus waktu tidur kita secara biologis. Perlu kita ketahui sebenarnya kebutuhan waktu tidur orang berbeda-beda setiap hari. Ketika anda capek maka anda butuh waktu tidur lebih banyak dan berlaku sebaliknya. Jika membiasakan diri bangun pagi maka kebutuhan tidur anda akan diatur dengan waktu ngantuk di malam hari (pada waktu awal tidur). Misalkan, seharian anda mengerahkan tenaga lebih dari biasanya. Malam harinya anda bisa ngantuk lebih awal.

Selain itu anda juga bisa meluangkan waktu sejenak memejamkan mata di siang hari. Memejamkan mata bisa tidur maupun sekedar memejamkan mata. Sejenak disini maksudnya bukan berjam-jam, cukup setengah jam memejamkan mata setelah itu segera bangun. Dalam istilah bahasa inggris disebut "take a nap”. Take a nap ini dianjurkan oleh rasulullah saw kepada sahabatnya agar tidak ngantuk ketika shalat malam. Tapi jangan kebablasan, jika kebablasan maka dampaknya akan negatif, badan akan terasa lemah dan pikiran tak menentu.

2. PASANG ALARM INTERNAL DAN EKSTERNAL

Alarm sangat penting untuk membantu melaksanakan cara nomor tiga diatas (memaksakan bangun pada waktu yang tepat setiap hari). Alarm bisa dikategorikan menjadi dua, pertama alarm eksternal (alarm yang anda beli di toko jam maupun diinstal di gadget anda), juga alarm internal (berasal dari dalam diri). Alarm internal ini terpasang dengan baik berupa jam biologis tubuh anda. Bagaimana cara men-setting alarm internal? Caranya adalah meyakinkan dalam diri dan pusatkan pikiran saat sebelum tidur bahwa anda akan bangun pada jam tertentu. Contohnya anda ingin bangun jam empat pagi. Coba anda buktikan, ketika jam empat pagi kemungkinan besar anda bangun. Tapi perlu anda ketahui juga alarm biologis ini memiliki sistem yang sama seperti alarm elektronik. Ada fasilitas snooze. Ketika anda terbangun jam empat, jika emosi anda mengatakan untuk tidur lagi dan bangun lagi jam lima. Maka semuanya tergantung pada motivasi anda untuk bangun pagi. Maka cobalah melatih alarm internal anda untuk mendukung alarm eksternal. Bahkan sekarang ini sudah banyak orang yang mampu melatih jam biologis dengan baik sehingga kadang ia tidak lagi membutuhkan jam elektronik.

3. INGAT DOSA JIKA MENINGGALKAN SHALAT SUBUH

bagi muslim, dorongan yang paling kuat untuk bangun sebelum matahari terbit adalah shalat subuh. Shalat subuh adalah yang membedakan muslim sejati dengan kaum munafik. Selain ancaman hukuman akhirat yang akan diperoleh akibat meninggalkan shalat subuh, banyak sekali kelebihan-kelebihan yang Allah berikan kepada hambanya yang melaksanakan shalat subuh tepat waktu.

Masih banyak langkah lainnya agar anda bangun lebih pagi, diantaranya: tidur yang berkualitas, jauhi kafein dan rokok, langsung loncat dari tempat tidur ketika alarm berbunyi, dan yang paling penting adalah terus memotivasi diri untuk memperoleh anugerah yang Allah swt berikan di pagi hari.

Respectfully,
Amhard