Cara untuk Meningkatkan Kesabaran

From the desk of Amhar Ma
Subject: Langkah untuk Bersabar


Sabar adalah kemampuan untuk bertahan ketika keadaan semakin sulit. Sabar adalah kapabilitas seseorang untuk menghadapi kesulitan, tantangan, dan kendala dalam hidup tanpa mengeluh dan putus asa. Sabar adalah salah satu karakter yang sangat penting untuk membangun kehidupan yang positif. Sayangnya tidak semua orang mampu untuk bersabar. Banyak diantara kita yang kehilangan kesabaran ketika menghadapi beragam situasi. Padahal banyak aspek dalam hidup yang membutuhkan kesabaran, contohnya ketika kita sedang mengembangkan karir, ditimpa musibah, menghadapi kesulitan, menderita sakit, dan kejadian-kejadian lainnya. Tidak sabar dapat mengakibatkan stress bahkan bisa mengakibatkan kerusakan fisik pada tubuh kita. Tidak sabar juga dapat merusak hubungan dan kualitas hidup kita. Maka pada artikel ini, kita akan mempelajari strategi yang dapat digunakan untuk menjadi lebih penyabar.

1. Kenali Esensi dari Sabar

Mengenali esensi dari sabar sangat penting agar kita tidak salah mendefinisikan kata sabar. Mengenali hakikat dari sabar akan membuat kita mudah untuk mengembangkan sikap sabar dalam diri. Pada artikel sebelumnya penulis memaparkan hakikat dan esensi dari sabar. Penulis anjurkan anda untuk mengenali esensi dari sabar sebelum menjalankan langkah-langkah untuk bersabar. Untuk mengetahui esensi dari sabar silakan klik di sini.

2. Jadikan Sabar Sebagai Kebiasaan

Sabar adalah hal yang perlu diperjuangkan. Semakin lama kita berjuang untuk bersabar maka kita akan semakin terbiasa dengan karakter positif ini. untuk menjadikan sabar sebagai kebiasaan mulailah dengan mengidentifikasi pemicu yang menyebabkan kita tidak sabar. Sering kali keadaan tertentu dapat langsung menyebabkan kita menjadi tidak sabar. Maka, identifikasilah penyebabnya. Jika anda telah mengidentifikasi penyebabnya secara spesifik, anda akan mengetahui mengapa hal itu bisa terjadi. Kemudian gunakanlah strategi untuk mengatasi ketidaksabaran anda yang akan dibahas pada point-point selanjutnya.

3. Bejalar Mengatur Emosi

Tantangan dari sabar adalah emosi-emosi negatif. Emosi negatif tersebut dapat berupa rasa marah, benci, frustasi, rasa takut, sedih, kecewa, dan sebagainya. Setiap emosi negatif memiliki terapi tersendiri untuk diselesaikan. Misalkan, untuk menghadapi rasa marah, kenalilah tanda-tanda marah tersebut akan muncul, hanya anda yang tahu tanda-tanda bahwa anda akan marah, maka kenalilah lebih awal, setelah itu segera dihentikan agar situasi tidak semakin memburuk.

4. Meluaskan Sudut Pandang dan Pikiran

Kita hidup dalam potongan-potongan kejadian. Hidup kita bagaikan film yang merupakan gabungan beberapa scene. Tapi dalam hidup kita biasanya hanya fokus pada satu bagian atau beberapa bagian saja. Seperti seseorang yang sedang membaca buku, ketika membaca chapter 3, ia fokus dengan apa yang ia baca di chapter 3, dan tidak terlalu mempedulikan chapter lainnya. Tapi, Jika kita menghadapi hal-hal yang sulit, kadang kita harus meluaskan sudut pandang dan pikiran kita agar tidak terperangkap dalam sempitnya potongan kejadian yang anda rasakan. Setiap kali anda merasa tidak sabar, luaskanlah sudut pandang anda. Tanyakan kepada diri anda, "Apakah hal terpenting dalam hidup saya? Apakah visi dan misi saya? Apakah hal besar yang ingin saya raih?” Meluaskan sudut pandang akan membantu kesabaran anda. misalkan, anda sedang berada pada scene ketika anda menghadapi ujian yang dahsyat, jika pikiran anda tetap fokus pada scene itu, maka semuanya terasa sangat berat. Tapi jika anda meluaskan sudut pandang dan berpikir mengenai scene yang lainnya, anda akan sadar bahwa tidak ada kesulitan yang selamanya, dan tidak ada kemudahan yang selamanya. Untuk meluaskan sudut pandang anda bisa mengulas masa lalu anda, atau bisa juga dengan berkaca pada kehidupan orang lain.

5. Nikmati Perjalanan Hidup

Setiap orang memiliki keinginan terbesar dalam hidup. Dalam merealisasikan keinginan dan tujuan dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Sayangnya, terlalu fokus dengan tujuan bisa mengakibatkan kelelahan. Bahkan jika dipikirkan secara mendalam bisa berdampak buruk. Maka, cobalah untuk menikmati proses yang anda lalui, bagilah tujuan besar anda menjadi tujuan-tujuan kecil. Rayakanlah setiap moment perjuangan mengejar impian anda. Menikmati perjalanan hidup dan membiasakan nilai-nilai positif terpancar dalam diri adalah hal yang baik dan membuat kita semakin bersabar.

6. Belajar Ikhlas

Ikhlas kadang diartikan sebagai akhir dari segalanya. Padahal ikhlas adalah awal dari sesuatu yang baik. Ikhlas akan membantu kita untuk bersabar, begitu juga dalam belajar ikhlas kita harus sabar. Ikhlas akan meningkatkan kualitas kesabaran kita agar menjadi lebih baik.

7. Meluangkan Waktu Sejenak

Ketika anda menghadapi suatu hal yang membutuhkan kesabaran ekstra, luangkan waktu anda, hentikan aktivitas anda sejenak, lepaskan semua ganjalan di pikiran anda, tarik nafas dalam-dalam, keluarkan perlahan sambil membayangkan bahwa permasalahan meninggalkan diri anda bersama dengan hembusan udara yang keluar dari organ pernafasan anda. Setelah itu tersenyumlah. Hal ini bisa membuat anda bisa mengontrol keadaan dan memberikan ruang bagi pikiran anda yang yang sebelumnya penuh.

8. Latih Diri Anda untuk Bersabar

Kesabaran butuh latihan,  maka carilah kegiatan yang bisa melatih anda untuk lebih bersabar. Misalkan, jika ke sekolah atau tempat kerja biasa menggunakan kendaraan pribadi, cobalah transportasi umum. Jika biasanya naik gedung pakai lift, cobalah menggunakan tangga. Dengan melatih diri untuk bersabar akan membuat anda sebagai penyabar sejati.

Demikian tips untuk melatih diri agar lebih bersabar. Sabar adalah suatu karakter yang sangat penting untuk ditingkatkan dalam diri kita. sabar adalah energi untuk membangun kehidupan yang positif. Tanpa kesabaran setiap tindakan kita bisa counter-productive bahkan berpengaruh buruk terhadap kehidupan. Maka, sekarang adalah saatnya untuk terus melatih kesabaran dalam diri.