Harga Diri Adalah Ukuran Eksistensi Anda

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subj. Fungsi Harga Diri Dalam Kehidupan


Kadang sebagian orang mengaitkan harga diri yang tinggi dengan kesombongan. Sebenarnya harga diri yang tinggi sama sekali bertolak belakang dengan kesombongan, justru orang yang sombong adalah orang terhina dan memiliki harga diri yang rendah. Harga diri adalah suatu nilai yang terdapat dalam diri dan dibangun atas dasar nilai-nilai positif. Seseorang dinilai memiliki harga diri tinggi ketika ia selalu memberikan nilai tambah dalam dirinya. pengertian harga diri yang sebenarnya adalah: suatu tingkatan dimana anda menghormati diri anda dan menganggap diri anda penting, yang sangat berharga. Orang yang memiliki harga diri tinggi benar-benar menghormati dirinya dan hidupnya. Ia benar-benar merasa dirinya baik dan mampu berusaha menjadi orang yang paling baik sebisa mungkin.

Harga diri bisa jadi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup anda. Harga diri bisa menunjukkan performa anda dalam hal apapun yang anda lakukan. Harga diri bisa menunjukkan karakter anda, tingkat antusiasme, vitalitas, dan daya tarik. Harga diri menunjukkan bagaimana keteguhan anda menghadapi naik turunnya hidup. Harga diri menunjukkan seberapa besar ketenteraman hati dan kematangan jiwa yang anda miliki. Harga diri bagaikan sumber energi yang terpancar dalam diri anda yang menjadi generator dalam tingkah laku dan kebiasaan personal. Seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi akan cenderung positif, lebih disukai, dan lebih efektif dalam setiap bagian dari hidupnya.

Membangun harga diri yang baik perlu jiwa yang baik. Jiwa adalah sumber dari perilaku. Seseorang akan memiliki harga diri yang tinggi jika memiliki perilaku dan tutur kata yang baik. Segala sesuatu yang anda perbuat dan pikirkan akan memiliki dampak pada harga diri anda. Maka tugas anda adalah bagaimana untuk menjaga harga diri agar terus meningkat dengan penuh nilai-nilai positif dalam diri.

Oleh karena itu, untuk membangun nilai diri anda yang baik, maka perlu beberapa hal yang harus dijaga, ditingkatkan, dan ditinggalkan. Hal yang harus dijaga dan ditingkatkan adalah nilai-nilai positif dalam diri anda, sedangkan yang harus ditinggalkan adalah segala hal negatif yang menjadi benalu hidup anda.

Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana untuk meningkatkan harga diri:

1. TEMUKAN TUJUAN HIDUP

Tujuan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap harga diri anda. Harga diri tergantung terhadap bagaimana anda menulis rencana yang matang, menggambarkan peta hidup. Ketika tujuan matang dan kita bergerak ke arah-nya, maka harga diri akan diperoleh selama kita bergerak ke arah tujuan kita. Pada akhirnya akan mencapai pada pencapaian harga diri tinggi ketika tujuan tersebut bisa direalisasikan.

2. BUAT STANDAR NILAI

Buatlah aturan tentang apa yang anda anggap ideal untuk diri anda dan usahakan untuk terus meningkatkan standar tersebut seiring dengan meningkatnya diri. Diharapkan standar itu jelas sehingga dapat dengan mudah dijadikan acuan. Orang yang memiliki harga diri tinggi mereka memiliki standar yang jelas akan apa yang mereka anggap baik dan harus dijalankan. Mereka akan menjauhi hal-hal yang buruk yang tidak sesuai dengan standar nilai mereka.

3. BANDINGKAN DENGAN ORANG LAIN

Ketika kita ingin mengetahui sebaik apa hal yang telah kita lakukan maka coba bandingkan dengan orang lain. Tapi ketika melakukan perbandingan, usahakan anda membandingkan dengan orang-orang yang anda anggap memiliki sikap positif. Jika membandingkan diri dengan lingkungan yang buruk bisa memberikan dampak terhadap standar nilai yang kita buat.

4. REALISASIKAN TUJUAN

Untuk lebih memastikan poin-poin diatas berjalan dengan baik, maka cobalah untuk meraih prestasi dengan merealisasikan impian anda. Poin yang pertama diatas dipecah lagi menjadi lebih kecil lalu dijalankan secara konsisten. Ketika anda bisa merealisasikan tujuan anda tersebut, maka anda akan merasakan percaya diri yang tinggi. Anda akan lebih menghargai diri anda.

Demikian empat hal yang bisa membantu meningkatkan harga diri anda. poin utama dalam pembahasan ini adalah bagaimana anda bisa menghormati diri anda lebih baik lagi. Setiap manusia diberikan anugerah oleh Allah dengan beragam kelebihan. Hanya mereka yang bisa mensyukuri anugerah Allah tersebut dengan cara menghargai diri sendiri akan memperoleh derajat yang lebih tinggi. Karena menghargai diri sendiri, akan memberikan pengaruh positif terhadap diri sendiri dan masyarakat.

Respectfully, Amhard