Langkah Jitu Mengatasi Setiap Permasalahan

Subj. Langkah Untuk Menyelesaikan Masalah


From the desk of Amhar Maulana Arifin.

 

(Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang masalah sebagai batu loncatan.)

Di masa yang penuh tantangan ini, setiap dari kita pasti memiliki masalah. Tapi tidak ada masalah yang terlalu besar bagi anda. karena kebenarannya adalah: setiap masalah dapat diatasi. Setiap masalah memiliki solusi, tidak ada masalah yang berlarut-larut.

Jika Anda merasa seperti tidak dapat melakukan apa-apa, berhenti berpikir tentang apa yang tidak dapat Anda lakukan, tapi mulailah berpikir tentang apa yang dapat Anda lakukan. Bahkan jika itu sesuatu yang kecil atau tampaknya tidak penting bagi anda, langkah kecil ini mungkin bisa mengarah ke langkah yang lebih besar. Semakin banyak permasalahan yang anda selesaikan, maka anda semakin menjadi problem solver yang ahli.

Berikut ini merupakan langkah mengatasi masalah:

1. IDENTIFIKASI MASALAH ANDA

Kenalilah masalah anda sedekat mungkin. Pikirkan penyebab kunci dari permasalahan, lalu kumpulkan informasi yang relevan. mengumpulkan informasi tentang masalah anda adalah langkah pertama untuk mengatasi masalah ini. temukan fakta-fakta penting yang dapat membantu anda menemukan solusi pemecahannya.

2. BUAT PLANNING UNTUK MENYELESAIKANNYA

Cari beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah anda, setelah itu pilih solusi yang menurut anda terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pecahlah planning anda menjadi bagian-bagian kecil untuk dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar anda bisa menyelesaikan masalah secara bertahap.

3. LAKSANAKAN PLANNING ANDA

Selesaikan masalah anda secepat mungkin dengan melaksanakan planning anda. ambil tindakan sekarang juga, Jangan Menunggu, atasi masalah secara langsung. Janganlah membuat masalah lebih besar dari kenyataannya, hadapilah dengan penuh semangat dan optimisme.

4. Evaluasi hasilnya

Cobalah evaluasi hasil usaha anda mengatasi permasalahan. Apakah planning anda berjalan lancar? Apakah ada hambatan lain yang diluar planning? Atau permasalahan anda sudah berhasil diselesaikan? Tentunya di tahap evaluasi ini anda akan menemukan kualitas hasil anda dalam memecahkan masalah tersebut.

Lalu bagaimana jika masalah masih tetap ada walaupun kita sudah menjalankan langkah diatas? Apa yang anda lakukan? Ulangi terus langkah diatas sampai Anda bisa memecahkan masalah tersebut. jangan lupa untuk mengambil pelajaran dari hasil evaluasi setiap siklusnya. Tidak ada di dunia ini yang tidak mungkin. Setiap masalah pasti bisa dipecahkan. Bagaimanapun, jika anda kuat dan istiqamah, tidak fokus terhadap masalah, dan tetap fokus terhadap solusi, maka anda bisa menyelesaikan masalah seperti apapun itu. 
Beranilah menghadapi setiap masalah yang datang menghadang anda.

Respectfully,
Amhard