Cara membangun universitas pribadi

Subject: Cara belajar otodidak
From the desk of Amhar Maulana Arifin,


Pada artikel sebelumnya (BANGUN UNIVERSITAS PRIBADI ANDA SEKARANG JUGA) saya menjelaskan tentang kelebihan belajar sendiri (self education) dibanding menyandarkan masa depan ke suatu lembaga (sekolah atau universitas). Intinya universitas negeri maupun swasta adalah fasilitas yang melengkapi universitas pribadi. Walaupun tidak kuliah, seseorang kemungkinan besar sukses jika ia serius belajar di universitas pribadinya.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu universitas pribadi, silakan klik teks di bawah ini: 

Berikut ini adalah tips untuk membangun universitas pribadi agar anda sukses:

BANGUN VISI MISI DAN TARGET

Sebenarnya tujuan utama dari membangun universitas pribadi adalah merealisasikan visi, misi dan target. Dengan membangun universitas pribadi maka kemungkinan kita untuk merealisasikan segala mimpi kita akan semakin dekat. Selain itu kita akan lebih fokus merealisasikan cita-cita tersebut dibandingkan mengandalkan universitas negeri maupun swasta. Maka anda harus bangun terlebih dahulu visi misi target agar track anda menuju kesuksesan lebih jelas.

BUAT KURIKULUM

Agar universitas pribadi kita lebih serius, alangkah baiknya dibuat kurikulum. Kurikulum yang membuat anda bisa mencapai cita-cita anda. Buat kurikulum yang anda rasa penting untuk kesuksesan anda. Contohnya, cita-cita anda adalah pengusaha tahu. Maka kurikulum yang bisa anda buat adalah: sistem produksi tahu, manajemen operasional pabrik tahu, manajemen pemasaran tahu, manajemen keuangan pabrik tahu, manajemen sumber daya manusia pabrik tahu, analisis resiko pabrik tahu, sumber faktor produksi pabrik tahu, dan sebagainya.

DAPATKAN SUMBER PENGETAHUAN

Anda bisa menemukan sumber pengetahuan dari manapun, baik tertulis maupun tidak tertulis. Jika perlu anda bisa ikut beberapa program studi di universitas negeri maupun swasta untuk menopang kurikulum anda tersebut. atau mudahnya bisa mencari berbagai sumber di internet. Jika anda ulet anda akan banyak mendapatkan ilmu gratis di internet. Juga anda bisa membangun relasi ataupun mempelajarinya secara langsung ke lapangan. Contohnya, jika anda memiliki cita-cita sebagai produsen tahu terbesar, anda bisa belajar ilmu tersebut dengan kuliah di ilmu manajemen dengan mengaitkan ilmu-ilmu yang anda pelajari dengan pabrik tahu, bisa menjalin relasi dengan para produsen tahu sehingga anda bisa belajar, dan beragam cara lainnya.

FOKUS DAN JALANKAN!

Inti dari self-education adalah fokus. Bangun idealisme anda. Jika idealisme anda kuat maka anda akan bisa bertahan dari berbagai ancaman lingkungan. Setelah itu jalankan. Melakukan self-education membutuhkan usaha keras. Jika anda ada kemauan maka akan ada jalan. Betapa luar biasanya jika anda mampu membalance angan-angan anda dengan apa yang anda lakukan sekarang. Sehingga angan-angan anda bukan sekedar khayalan. Tapi impian yang sedang dikejar, diusahakan, dan diperjuangkan sekuat tenaga untuk direalisasikan. Semoga kita bisa meraih segala hal yang kita impikan. Karena Allah swt. tidak akan merubah keadaan seseorang sampai ia memiliki kemauan untuk merubah dirinya sendiri.

Salam Sukses!