Akhir Tahun: Saatnya Membuat Ulasan Hidup Anda

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subject: Cara Mengevaluasi diri di Penghujung Tahun


Penghujung tahun adalah momentum ketika banyak orang berhenti sejenak, merenung, dan berfikir atas apa yang telah dilakukan satu tahun lamanya. Satu tahun yang penuh dengan warna kehidupan yang bisa membuat orang menjadi lebih baik maupun lebih buruk. satu tahun yang merupakan gabungan beragam rupa kehidupan yang telah dilalui dengan suka maupun duka.

Akhir tahun adalah waktu terbaik untuk membuat ulasan tentang hal-hal yang telah dilakukan. Membuat ulasan bagaikan mengumpulkan aset-aset berserakan yang sangat berharga, harta yang bisa menjadi acuan untuk  memutuskan sesuatu di masa depan. Beragam usaha, prestasi, perjuangan, tantangan, kegagalan, pengalaman, dan hal-hal lainnya selama satu tahun merupakan aset berharga yang perlu kita abadikan. Maka berhentilah sejenak untuk mengumpulkan potongan-potongan kehidupan yang mungkin terlupakan dan berserakan di memori kita.

Membuat ulasan juga merupakan kesempatan untuk melakukan evaluasi. Dengan mengulas hal-hal dalam hidup, anda akan mudah menganalisis hal-hal yang tidak seharusnya dan seharusnya dilakukan di masa depan. Evaluasi adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam hidup agar selalu bisa lebih baik dari sebelumnya.

Kadang orang sangat sulit untuk membuat ulasan hidup di akhir tahun, mungkin karena kesibukan, tidak tahu, ataupun malas. Tapi jika aktivitas ini sudah dilaksanakan, kita akan mudah untuk memutuskan kemana arah diri di tahun depan. Juga bisa menjadi stimulus, motivasi, dan  acuan untuk menjadi lebih baik lagi. selain itu kita akan terhindar untuk jatuh di lubang yang sama. Maka cobalah untuk menyalakan kembali motivasi demi meraih kesuksesan di tahun yang baru.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat ulasan tentang diri anda. Di sini kami akan menjelaskan kepada anda tips untuk membuat ulasan diri yang optimal, realistis, dan bermanfaat bagi anda dalam membuat keputusan di masa depan.

TENTUKAN HAL-HAL YANG AKAN DIULAS

Semua aspek dalam hidup dapat anda ulas baik yang menyenangkan maupun menyakitkan. Mulai dari kejadian-kejadian kecil seperti kehilangan barang, hingga hal-hal besar seperti memperoleh prestasi, penghargaan, dan lain-lain.

jika anda ingin mengulas keseluruhan, tentu membutuhkan kerja keras dan menghabiskan banyak waktu, karena tidak semua momen mudah dianalisis dan diingat. Oleh karena itu, pilihlah hal-hal yang paling penting yang benar-benar memberikan pengaruh dalam hidup anda.

TULISKAN KEJADIAN-KEJADIAN PENTING SECARA RANDOM

Setelah menentukan hal-hal yang akan diulas, mulai menuliskan kejadian-kejadian tersebut secara random. Tulislah hal-hal penting yang ada dalam ingatan anda. Tidak perlu urut, yang penting adalah menuliskannya agar momen-momen tersebut tidak hilang dan bisa diproses pada langkah selanjutnya.

KLASIFIKASIKAN KEJADIAN-KEJADIAN BERDASARKAN KATEGORI

Setelah menuliskan kejadian-kejadian penting, klasifikasikan event-event tersebut kepada kategori khusus. Dengan mengklasifikasikannya maka anda akan mudah untuk melakukan analisis. Contohnya, kejadian-kejadian bisa dikategorikan berdasarkan utilitasnya, contohnya bahagia, sedang, dan buruk. Bisa juga berdasarkan tingkat pengaruhnya, seperti sangat berpengaruh, berpengaruh, sedang, dan kurang berpengaruh. Atau dengan gabungan keduannya seperti bahagia-berpengaruh, buruk-kurang berpengaruh, dan lain-lain.

BUAT ULASAN DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG

Setelah proses klasifikasi, cobalah untuk menganalisis kejadian-kejadian tersebut dari berbagai sudut pandang. Dengan melihat kejadian dari berbagai sudut pandang maka anda akan bisa memperoleh gambaran yang lebih objektif akan kejadian tersebut. tapi melihat dari berbagai sudut pandang ini butuh skill dan latihan, maka cobalah untuk terus berusaha melatih pola fikir seperti ini. Setelah itu temukan apa yang harus anda lakukan di masa depan berdasarkan kejadian tersebut.

COCOKKAN DENGAN PLANNING, TARGET, DAN STRATEGI

Setelah mengulas kejadian-kejadian penting, cobalah kaitkan hal-hal tersebut dengan planning, target dan strategi yang telah anda canangkan. Karena penghujung tahun adalah moment terbaik untuk melakukan evaluasi atas kinerja anda. Jika ternyata menyimpang dengan planning, maka carilah penyebab anda terpental dari track anda. Setelah itu cari jalan terbaik agar kembali ke jalan anda.

BANGUN KEMBALI PLANNING, TARGET, DAN STRATEGI
Jika anda menemukan planning, target dan strategi anda sudah tidak relevan lagi, maka cobalah untuk memperbaiki atau membuat yang baru. Buatlah rencana yang S.M.A.R.T. yaitu spesifik (specific) terukur (measurable), bisa dicapai (attainable), relevan (relevant), dan terikat waktu (time-bound).
Demikian cara untuk mengulas hidup anda di akhir tahun. Semoga di penghujung tahun ini kita bisa berintrospeksi diri, menyadari kekurangan-kekurangan yang telah kita lakukan lalu menjadikannya batu loncatan agar lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Amin.