Berhenti Menghabiskan Waktu dan Mulai Mendelegasikan

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subj. Cara Mengamanatkan Tugas Kepada Orang Lain
 

 
Skill mendelegasikan pekerjaan kadang menjadi perkara yang sulit untuk dilaksanakan pertama kalinya. Tapi sebenarnya,mendelegasikan pekerjaan akan memberikan dampak yang lebih baik terhadap anda, pekerjaan anda, dan orang sekitar.

Kadang, Jika anda seorang pengusaha yang memiliki perusahaan, mahasiswa/pelajar yang memiliki tugas kelompok, pekerja yang memiliki beberapa tugas dari atasan, bapak/ibu rumah tangga dengan pekerjaan rumah, atau siapapun anda. maka perusahaan, tugas dari atasan, tugas rumah, tugas kelompok, maupun pekerjaan/tugas apapun yang anda hadapi bagaikan bayi. Mendelegasikan tugas atau pekerjaan anda tersebut bisa jadi sesuatu yang sulit karena anda pikir tidak ada orang yang bisa melaksanakannya dengan baik selain anda. Benar kan? Dan yang paling ekstrim mengapa tidak mendelegasikan tugas adalah: kita tidak percaya kemampuan team kita!

Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat mendelegasikan tugas. Pertama, anda bisa melakukan banyak hal, mendelegasikan tugas bisa memberikan kita waktu luang lebih banyak. Kedua, ketika anda capek dengan hal-hal yang kecil, anda bisa mendelegasikannya dan bisa berfikir lebih strategis. Ketiga, bisa jadi orang lain bisa melakukannya lebih cepat dari kita. Keempat, nilai dan performa, jika anda orang yang memiliki skill yang tinggi tidak seharusnya tidak mengerjakan hal yang membutuhkan skill rendah. Pengembangan diri bagi tim anda, skill mereka akan bertambah dengan pekerjaan mereka.

Berikut ini adalah tips untuk mendelegasikan tugas:

1. Delegasi kan tugas kepada orang yang paling cocok
2. Berikan instruksi kepadanya sejelas mungkin
3. Lakukan pengawasan
4. Beri arahan, pendekatan, motivasi dan masukan kepada orang yang anda beri tugas

Dari hal diatas, yang paling penting untuk anda pertimbangkan adalah poin nomor 1. Anda harus yakin bahwa orang yang anda beri tugas memiliki potensi untuk menyelesaikannya. Menemukan orang yang tepat bisa jadi hal yang sangat beresiko jika tugas yang hendak anda delegasikan begitu sensitif. Berikut ini merupakan dua langkah mudah untuk menjadi delegator yang handal:

1. CARI DELEGASI YANG COCOK SEBELUM MEMBUTUHKAN

Temukan orang yang kira-kira cocok menjalankan tugas yang sekarang anda laksanakan sebagai alternatif jika suatu saat anda membutuhkannya.

2. RENCANAKAN TUGAS APA YANG AKAN DIDELEGASIKAN

Ketika anda melihat planning anda, temukan kira-kira tugas apa yang bisa anda delegasikan kepada orang lain. Tugas yang menghabiskan banyak waktu tapi memberikan manfaat sedikit bisa untuk didelegasikan.

Demikian tips untuk mendelegasikan tugas dengan baik.

Respectfully,
Amhard