Bentuk Mindset yang Jelas Terhadap Kesuksesan Sebelum Memulai

Subj. Bentuk Mindset yang Jelas Terhadap Kesuksesan  
From the desk of Amhar Maulana Arifin


Dalam hidup, kita dihadapkan dengan sederet tantangan di yang menguji eksistensi kita. Hidup yang sangat sibuk dengan berbagai aktivitas kadang bisa mengakibatkan kita terlempar dari trek yang sudah direncanakan. Alih-alih hidup hanya sekedar mengikuti arus dan siklus. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satunya adalah: tidak mendefinisikan kesuksesan dengan jelas. Setiap orang akan memiliki mindset yang sama tentang kesuksesan. Tapi apapun yang ada di benak anda tentang kesuksesan, kejarlah! Jika kita sudah memiliki arti sukses yang sebenarnya, maka akan mudah untuk dikejar karena treknya jelas. Inilah alasan mengapa kita perlu memiliki mindet yang benar terlebih dahulu di awal.

Mindset anda akan kesuksesan bagaikan guide pribadi yang akan mengantarkan anda ke tempat yang anda rencanakan. Agar anda bisa kembali ketika terlempar, tulislah dalam satu atau beberapa halaman mengenai arti sukses yang sebenarnya bagi anda. Menuliskan apa yang anda pikirkan akan suatu hal bagaikan mem-back-up data dari memori internal (otak) ke memori eksternal (tulisan). Jikalau data yang di memori internal kita tertimbun oleh data yang lain sehingga lupa, anda bisa mencari data tersebut di memori eksternal. Bacalah definisi tersebut ketika anda merasa telah keluar dari trek. Gabungkan definisi sukses tersebut dengan planning anda. Maka efeknya pun lebih besar.

Luangkan waktu sejenak untuk menuliskan apa yang anda fikirkan tentang kesuksesan. Sukses seperti apa yang anda harapkan? Hidup sejahtera? Berbagi dengan sesama? Memiliki hubungan dengan Allah yang baik? Bahagia dunia akhirat? Atau apapun definisi anda tuliskan. Ketika mindset anda tentang kesuksesan menjadi jelas maka anda lebih mudah mengejarnya. Pikiran anda adalah anugerah Allah yang membedakan kita dengan makhluk lainnya di bumi. pikiran adalah sumber dari tindakan. Jika pikiran kita tertata rapi, mindset yang jelas, maka tindakan pun menjadi terarah.

Definisi anda tentang kesuksesan adalah privasi anda dan sangat personal. Untuk memudahkan anda mengingat, jangan tulis hal yang tidak penting, hanya tulis yang benar-benar penting. buat mindset tersebut benar-benar anda banget, sehingga anda benar-benar memilikinya. Setelah itu jalankan hidup anda, buat rencana lalu bertindak, berdoa, dan tawakkal.

Pembaca yang terhormat, anda benar-benar memiliki potensi yang besar dalam diri anda. Jika anda mencoba mengaplikasikan ide diatas bisa jadi akan membantu anda menambang potensi anda yang masih tertimbun. Kerahkan seluruh energi anda, ciptakan mindset yang jelas akan kesuksesan, dan bergeraklah, karena dalam gerakan ada berkah.
Hiduplah yang berarti!

Respectfully,
Amhard