Jangan Salah Mendefinisikan Kesuksesan

From the desk  of Amhar Maulana Arifin.
subj: Arti Sukses yang Sebenarnya.



Perlu kita akui bahwa kenyataannya tidak semua orang bisa sukses, walaupun sebenarnya kesempatan untuk sukses itu ada. Ada orang yang gagal sebelum memulai karena hanya menunggu kesuksesan datang. Ada juga orang yang berusaha untuk meraih sukses tapi diawali dengan gagal. ada juga orang yang bekerja keras melakukan apapun demi kesuksesannya. juga ada pula orang yang hidup dalam kesengsaraan dan kemiskinan. Jika merujuk pada fakta barusan, timbul pertanyaan, apakah semua orang itu sudah pasti gagal tapi belum pasti sukses?

Bagaimanapun, kegagalan dalam proses mencapai keberhasilan bisa diminimalisir jika mengetahui penyebab kegagalan tersebut. dan salah satu alasan mengapa ada orang gagal dan orang berhasil adalah kesalahan dalam mengartikan kesuksesan.

banyak orang-orang yang salah mengartikan kesuksesan sehingga ia tidak pernah meraih kesuksesan. pada artikel ini saya akan bahas definisi-definisi yang salah tentang kesuksesan. diantara definisi sukses yang salah tersebut adalah: sukses adalah kemenangan, sukses adalah bawaan, dan sukses adalah keberuntungan. Sekarang mari kita bahas lebih lanjut tentang definisi yang salah tersebut.

1. SUKSES ADALAH KEMENANGAN

jika Anda percaya bahwa kesuksesan hanya dimiliki orang yang menang, maka anda akan berfikir untuk meraih sukses harus terus berkompetisi walaupun harus mengorbankan orang lain. Kepercayaan seperti ini mengakibatkan muncul pola pikir bahwa kesuksesan itu terbatas jumlahnya, untuk memperoleh yang terbatas itu perlu kompetisi. Jika anda menang maka anda akan ketakutan orang lain merebut sukses anda. Ketika ada orang lain sukses anda akan iri dengan mereka karena merasa kesempatan anda untuk menang telah diambil. Dengan pola fikir seperti ini maka kesuksesan akan berada di luar kendali. Karena di luar kendali akan muncul rasa putus asa. Akhirnya, untuk mengobati hati yang iri, membiarkan orang lain untuk menang dan tidak berusaha merebut kemenangan tersebut.

2. SUKSES ADALAH BAWAAN

Orang-orang yang percaya bahwa kesuksesan adalah bawaan sering merasakan hal yang sama seperti mereka yang percaya bahwa kesuksesan adalah kemenangan. Yang membedakan keduanya adalah kadar putus asanya. Orang yang menyatakan bahwa kesuksesan adalah bawaan lebih putus asa. Ia menyerahkan semuanya pada takdir. Mereka berfikir mengapa perlu berusaha jika kesuksesan adalah bawaan sejak lahir. Pola pikir seperti ini mengakibatkan orang tidak pernah sukses. Ia hanya duduk menunggu kesuksesan datang kepadanya. Padahal kesuksesan tanpa kerja keras bagaikan memanen tanpa menanam.

3. SUKSES ADALAH KEBERUNTUNGAN

Kelompok ketiga ini adalah kumpulan para penunggu keajaiban. mereka menyandarkan kesuksesannya dengan keberuntungan. Ada orang yang berkata "jika saya menang taruhan, pasti saya bisa sukses. Jika saya ikut undian, saya bisa punya mobil," dan lain-lain. Sebenarnya perilaku seperti ini hanyalah merugikan diri sendiri. hidup hanya dihabiskan untuk hal-hal yang tidak realistis.

ARTI SUKSES YANG BENAR

Kelompok yang benar adalah mereka yang meyakini bahwa sukses hanya bisa didapatkan dengan memperolehnya. Berbeda dengan yang tiga kelompok pertama diatas, kelompok yang benar ini meyakini bahwa sukses diperoleh, akhirnya semangat mereka untuk meraih sukses ini terus menyala. Mereka yakin bahwa kesuksesan itu tidak terbatas jumlahnya. Mereka percaya bahwa setiap orang memiliki jatah kesuksesan, tergantung bagaimana jalan memperolehnya. Untuk memperoleh kesuksesan tersebut mereka melakukan aksi yang nyata. Melakukan gerakkan untuk mengambil sesuatu yang telah dijatahkan untuk mereka. Mereka memahami bahwa untuk berhasil, mereka harus mengerahkan segenap tenaga dan pikiran. tenaga dan pikiran tersebut dikerahkan untuk mencapai kesuksesan yang telah direncanakan.

Respectfully,
Amhar