Kekuatan Bangun Pagi #1: Alasan Anda Harus Bangun Sebelum Matahari Terbit

From the desk of Amhar Maulana Arifin,
Artikel ini adalah bagian pertama dari tema Keajaiban bangun pagi.





Bangun ketika sebelum matahari terbit (subuh) memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa bangun lebih pagi erat kaitannya dengan sukses. Bahkan 14 abad yang lalu rasulullah pun bersabda bahwa tidur ketika shubuh menyebabkan kefakiran. Maka jadikanlah bangun subuh sebagai bagian dari hidup anda. Anda akan menemukan banyak sekali manfaat dari bangun subuh.

Allah telah menciptakan malam untuk istirahat dan siang untuk berusaha. Allah telah mendesain tubuh kita untuk bangun di pagi hari. Tapi, jika anda memiliki pekerjaan di malam hari. maka tergantung anda bagaimana mengaturnya. alangkah baiknya anda mengambil waktu untuk tidak tidur 1 atau 2 jam sebelum matahari terbit. Banyak manfaat yang anda peroleh di waktu tersebut. Apalagi sebagai muslim yang memiliki kewajiban shalat shubuh.

Berikut ini adalah manfaat yang dapat anda peroleh jika membiasakan bangun di pagi hari sebelum matahari terbit (shubuh):

1. MEMILIKI HUBUNGAN POSITIF DENGAN KESUKSESAN DAN PRODUKTIVITAS

Sebagian besar orang sukses di dunia adalah mereka yang bangun di pagi hari. Mengapa bisa demikian? Dengan bangun di pagi hari akan meningkatkan produktivitas karena kita lebih fokus. Pikiran dan mata kita akan lebih tajam, dan lebih banyak hal yang bisa dilakukan.

2. BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN

Bangun lebih pagi dapat mereduksi stress, akhirnya hidup kita akan lebih menyenangkan dan semangat. Aktivitas seharian akan terasa lebih fresh. Apalagi anda coba keluar untuk menghirup udara segar, olah raga, dan sebelumnya coba melakukan dzikir pagi hari yang biasa orang barat sebut meditasi. Banyak sekali penyakit yang bisa dicegah dan diminimalisir dengan bangun pagi seperti obesitas (dengan olah raga), menguatkan tulang, menyembuhkan asma, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan oksigen tubuh.

3. MEMBERIKAN WAKTU UNTUK MEMULAI HARI

Mungkin hal terbaik yang anda peroleh jika bangun lebih awal adalah memiliki lebih banyak waktu. Dan biasanya seperti yang saya katakan waktu itu adalah masa paling produktif dari hari Anda. di pagi hari hal-hal yang menyebabkan kelalaian lebih sedikit. Anda memiliki waktu yang luang dan sepi dari berbagai gangguan untuk melakukan hal positif. Karena waktu yang tenang ini, alangkah baiknya anda menggunakan waktu ini untung men-charge energi. Melakukan dzikir pagi hari, dan hal lainnya.

4. PAGI HARI ADALAH WAKTU YANG TEPAT UNTUK BELAJAR DAN MENGASAH OTAK.

Banyak penelitian membuktikan bahwa bangun pagi adalah waktu yang paling baik untuk menghafal dan belajar. Itulah mengapa banyak penghafal Al-Quran yang menghafal ayat baru di pagi hari dan me-review di malam hari. Pagi hari juga menjadi momentum terbaik bagi pelajar untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Jika malam hari tubuh telah kekurangan energi karena aktivitas seharian, maka pagi hari adalah momentum terbaik karena energi kita masih penuh ditambah dengan suasana pagi yang penuh kekuatan.

Kesimpulannya, benar apa yang dikatakan Ben Franklin: early bed, early rise, make a man healthy, wealthy, and wise. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal akan membuat seseorang menjadi lebih sehat, kaya, dan bijak.

Orang akan lebih sehat karena bangun pagi memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan terutama mereka yang memanfaatkannya untuk olah raga, menghirup udara pagi, dan aktivitas lainnya. Orang akan lebih kaya karena lebih produktif sehingga jarak antara dirinya dengan kesuksesan lebih dekat. Dan orang akan lebih bijaksana karena bangun lebih pagi, pikiran anda akan lebih tajam, spiritual anda akan meningkat dengan kegiatan-kegiatan ibadah, dan anda memiliki jiwa yang jernih sehingga dapat bertindak lebih bijak.

Respectfully,
Amhard

Artikel selanjutnya:

Kekuatan Bangun Pagi #2: Cara agar anda bisa bangun Lebih Awal dari Matahari Terbit