Standar Hidup Seseorang Tergantung Produktivitasnya

Subj. Meningkatkan Produktivitas Demi Kehidupan Yang Lebih Baik
From the desk of Amhar Maulana Arifin.


Mengapa di dunia ini ada Negara kaya dan miskin? Mengapa sebagian orang memiliki standar hidup yang baik dan sebagian lagi terperangkap dalam kemiskinan? Mengapa ada orang yang memiliki kebun yang luas, tenaga yang kuat, otak yang cemerlang tapi standar hidupnya pas-pasan?

Permasalahan ini telah menjadi permasalahan dasar dalam ilmu ekonomi. Dulu ketika saya dalam mata kuliah principle of economics, Gregory Mankiw menjelaskan bahwa “standar of living of a country depends on goods and services produced”. Standar hidup suatu Negara bergantung dengan jumlah barang dan jasa yang diproduksi. Semakin besar nilai hasil produksinya, maka semakin tinggi pula standar hidup yang ia nikmati.

Prinsip diatas juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari. semakin produktif diri kita, maka semakin banyak pula hasil yang kita peroleh. Seorang pekerja yang bekerja lebih keras dan cerdas akan memperoleh pendapatan lebih besar dari pada orang yang kurang produktif. Seorang pelajar yang belajar lebih giat, akan memperoleh prestasi belajar lebih cemerlang dari yang lainnya.

Terdapat beberapa aspek yang mendorong produktivitas. Yaitu: modal, sumber daya manusia, sumber daya alam, dan teknologi. Keempat hal ini saling mendukung satu sama lain terhadap Produktivitas. Modal adalah materi yang kita alokasikan, sumber daya manusia adalah kemampuan kita dalam memproduksi, sumber daya alam adalah bahan yang bisa digunakan untuk produksi, dan teknologi adalah aspek yang sangat penting yang dapat meningkatkan efisiensi dalam produktivitas. Keempat hal tersebut saling melengkapi satu sama lain.

Diantara keempat hal yang sudah saya paparkan diatas, hal yang paling penting dalam meningkatkan Produktivitas adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia bagaikan processor dalam komputer. Tidak ada gunanya modal yang melimpah, sumber daya alam melimpah, jika sumber daya manusia lemah. Teknologi pun tidak akan berkembang jika tidak ada orang mengembangkannya, akhirnya peningkatan standar hidup terhambat. contohnya, Negara Indonesia yang dianugerahi Allah swt. dengan sumber daya alam yang melimpah, garis pantai paling panjang sedunia. Tapi mengapa garam, ikan, daging, bawang merah putih, bahkan beras impor? Padahal Indonesia Negara agraris dan nenek moyangnya seorang pelaut.

Sebenarnya musuh paling berat dari produktivitas adalah kemalasan dan menunda pekerjaan. Banyak orang yang menghabiskan waktu seharian tanpa tujuan yang jelas. akhirnya standar hidup biasa-biasa saja. Oleh karena itu, produktivitas haruslah ditingkatkan. Jika anda lebih produktif lagi, tentunya bukan anda saja yang memperoleh manfaat, tapi keluarga, masyarakat, dan Negara. Kehidupan keluarga akan lebih layak, lapangan pekerjaan semakin luas, pengangguran bisa direduksi, pendapatan per-kapita negara kita bertambah, pertumbuhan ekonomi semakin cepat.

Berikut ini lima langkah yang bisa diaplikasikan agar produktivitas anda lebih meningkat:

1. MOTIVASI DIRI ANDA

Motivasi dengan produktivitas bagaikan lampu dengan listrik. Anda tidak akan produktif jika tidak memiliki motivasi yang kuat. Kenali mengapa anda bisa kehilangan motivasi, setelah itu perbaiki sehingga anda bisa benar-benar produktif.

2. BUAT RENCANA DAN TUJUAN

Anda akan lebih produktif jika memiliki rencana dan tujuan hidup yang jelas. Banyak orang yang malas-malasan dan menunda pekerjaan karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jika rencana dan tujuan telah matang, anda akan lebih produktif dalam hidup.

3. KERJA KERAS DAN CERDAS

Tidak ada di dunia ini yang mampu menyaingi kerja keras yang diimbangi doa dan tawakkal. Apalagi kerja keras tersebut dilengkapi kerja cerdas. Anda pasti lebih produktif jika menanamkan mental ini dalam diri anda. Karena apa lagi yang dilakukan manusia di dunia ini selain berusaha? Dan suatu saat hasil dari usaha nya itu akan tampak.

4. 100%, 100% DAN 100% FOKUS

Orang yang produktif selalu fokus terhadap apa yang ia kerjakan. Ketika mengerjakan sesuatu dia akan menjauhkan gangguan-gangguan yang bisa merusak konsentrasi. Ini merupakan salah satu contoh kerja cerdas juga. Orang yang produktif bukanlah mereka yang berlarut-melakukan pekerjaan tapi hasil tidak sebanding dengan kerja keras karena mereka memforsir. Tapi orang yang produktif adalah yang kerja sebentar, tapi mengerjakannya dengan fokus.

5. JANGAN MENUNDA

Menunda adalah mental yang sangat buruk. Janganlah anda menunggu sampai punya mood yang baik untuk melakukan sesuatu. Janganlah menunggu hingga datang waktu yang tepat. Mulai sekarang juga.

Respectfully,
Amhard