Maksimalkan Apa yang Anda Miliki

Subject: Memanfaatkan Sebaik Mungkin Fasilitas yang Anda Miliki
From the desk of Amhar Maulana Arifin



Tahukah anda bahwa banyak orang di dunia ini yang memiliki keinginan yang seperti tidak ada batasnya. Realitas ini mengakibatkan para ekonom menyimpulkan bahwa keinginan manusia itu tidak terbatas. keinginan tidak terbatas ini muncul karena sikap manusia yang rakus, manusia yang menginginkan kesejahteraan yang maksimal, manusia yang berhasrat memiliki segalanya. Keinginan manusia yang tidak terbatas ini akhirnya juga memunculkan teori bahwa sumber daya itu terbatas. Padahal jika kita mampu memaksimalkan sumber daya yang kita miliki dan mengurangi hasrat ingin selalu ingin lebih tersebut, kita akan memperoleh sesuatu yang lebih dari yang kita harapkan. Karena Allah sudah menyediakan modal asal kita mau untuk memanfaatkannya.

Sangat berbahaya lagi jika keinginan tidak terbatas ini muncul dalam diri orang yang senang menunda. Keterbatasan fasilitas menjadi alasan ia untuk tidak melakukan hal yang produktif. Contoh sederhanya, seorang ibu rumah tangga yang punya komputer dan koneksi internet di rumahnya berencana untuk menjual kue secara online. Sebenarnya dengan fasilitas yang ada ditambah keinginan keras ia bisa melaksanakannya. Tapi muncul alasan lain sehingga planning tersebut berlarut-larut tertunda. Contohnya, tidak ada kamera yang resolusinya tinggi untuk memfoto sampel produk, tidak punya kartu kredit untuk verifikasi paypal, oven di rumah pakai kompor gas (bukan yang listrik) jadi ribet, dan beragam alasan lainnya sehingga rencana kreatif tersebut tertunda.

Lalu bagaimanakah cara memaksimalkan apa yang kita miliki? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

YAKINKAN DIRI BAHWA KEINGINAN ITU TERBATAS

Keinginan kita terbatas jika kita mencoba untuk membatasinya. Banyak orang di dunia ini yang selalu mengikuti apa yang ia inginkan sehingga terjebak dalam kesulitan yang ia perbuat. Kesulitan tersebut berupa rasa kecewa karena kadang apa yang ia harapkan tidak bisa direalisasikan. Keinginan terbatas bukan berarti impian yang terbatas. Tapi keinginan terbatas ini dalam artian agar kita bijak dalam bertindak sehingga bisa manfaat maksimal dari apa yang anda miliki. Cobalah untuk mengontrol keinginan anda untuk memperoleh sesuatu yang baru sehingga anda bisa memaksimalkan apa yang anda miliki.

BUAT PERSEPSI POSITIF ATAS APA YANG ANDA MILIKI

Biasanya rasa tertarik seseorang terhadap suatu hal semakin lama semakin berkurang seiring dengan waktu. Hal ini didorong oleh hasrat manusia untuk selalu ingin memiliki yang lebih baik. Contohnya ketika sudah memiliki mobil 100 jutaan ingin membeli yang 300 juta, setelah memiliki yang harganya 300 juta ingin membeli yang 700 juta. Keinginan ini terus menerus sehingga kadang menimbulkan kesulitan tersendiri. Oleh karena itu cobalah untuk melihat segi  positif dari apa yang anda miliki, cintai dan syukuri.

CARI TAHU NILAI GUNA DARI YANG ANDA MILIKI

Setiap barang memiliki nilai guna yang bisa dimaksimalkan. Cobalah cari nilai guna dari setiap barang yang ada, jika anda yakin bahwa anda bisa jika anda sudah mengidentiikasi manfaat dari apa yang anda miliki, maka anda akan memperoleh beberapa pencerahan tentang bagaimana untuk memaksimalkan barang-barang tersebut.

TUMBUHKAN RASA BERKECUKUPAN

Sungguh beruntung orang yang memiliki jiwa qana’ah. Ia tidak terbawa oleh nafsu negatifnya. Jiwanya bersih dari keinginan-keinginan yang justru melemahkan potensi keberhasilannya. Dengan qanaah maka kita akan mensyukuri apa yang kita miliki dan berusaha memaksimalkannya.

FOKUS TERHADAP PROSES DAN HASIL BUKAN KAPITAL

Apa yang paling penting adalah proses bukan kuantitas modal. Dengan modal yang ada kita bisa melakukan proses yang baik. Untuk apa punya banyak kapital tetapi tidak ada prosesnya. Jika sudah melakukan proses dengan kapital yang ada, maka ketika memperoleh keuntungan dari hasil proses tersebut, akhirnya kita bisa memperoleh kapital yang lebih baik. Jangan menunggu kapital itu datang, tapi gunakanlah apa yang kita miliki sekarang ini untuk memperoleh apa yang kita inginkan.

Demikian cara agar kita bisa memaksimalkan apa yang kita miliki. Intinya adalah bagaimana membangun mindset yang benar atas apa yang kita miliki. Allah sudah memberikan hambanya modal baik dalam bentuk fisik maupun jiwa, tinggal bagaimana hambanya mau memaksimalkan modal tersebut atau tidak.


Respectfully, Amhard