Pentingnya Menetapkan Tujuan dalam Hidup

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subject: Manfaat membuat dan menentukan rencana yang matang


Banyak orang yang putus asa dalam hidup akibat kerja keras. Tentunya hal ini sangatlah ironis. Mereka mengerahkan energi yang besar untuk bekerja tetapi tidak merasakan hasil yang bermakna. Mereka bagaikan hamster yang berlari di dalam roda putarnya. terus berlari dan berputar dalam roda dengan sekuat tenaga tetapi tidak memperoleh kemajuan yang nyata. 

Dalam hidup, banyak orang yang terperangkap dalam efek roda hamster. Ia terus mengikuti siklus aktivitas yang telah ditetapkan. Ia terjebak dalam rutinitas tanpa adanya prestasi yang nyata. Alih-alih bukannya kemajuan yang diperoleh, tetapi putus asa, depresi, bosan, dan rendah diri menjadi kabut tebal yang menghalangi prestasi.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang terperangkap dalam efek roda hamster adalah karena tidak memiliki tujuan. ia tidak meluangkan sebagian waktunya untuk memikirkan sejenak hal apa yang sebenarnya ia inginkan. Akhirnya ia menjalani perjalanan besar (perjalanan kehidupan) tanpa adanya arah dan tujuan.

Sehebat-hebatnya seseorang jika tidak memiliki tujuan yang jelas tidak akan pernah mencetak prestasi. Valentino Rossi tidak akan pernah juara moto GP jika tidak ada garis finish. Cristian Ronaldo tidak akan mencetak gol jika tidak ada gawang. Hal ini juga berlaku dalam semua aspek kehidupan. Pengusaha harus menentukan tujuan agar perusahaannya berkembang. Pelajar butuh menentukan tujuan agar bisa berprestasi. Setiap orang perlu menentukan tujuan agar bisa meraih apa yang benar-benar ia inginkan.

Menentukan tujuan akan membantu anda untuk memilih medan mana yang harus anda arungi. Anda juga mengetahui kemana anda harus mengerahkan tenaga. Akhirnya hidup terasa bermakna, hidup yang benar-benar hidup, hidup yang penuh dengan produktivitas karena anda bisa melihat masa depan yang cerah sedang menanti anda.

Menentukan tujuan akan membuat anda percaya diri dalam menjalankan aktivitas. Anda akan merasakan proses yang sebelumnya kelabu menjadi penuh warna. Anda akan bangga dengan usaha anda. usaha yang anda lakukan dengan penuh percaya diri dan keyakinan bahwa anda telah berada di trek yang benar untuk meraih apa yang benar-benar anda inginkan.

Dengan menentukan tujuan yang jelas, anda bisa memaksimalkan segenap sumber daya yang anda miliki. Dengan mengalokasikan sumber daya pada tempat yang benar, anda akan terhindar dari menyia-nyiakan sumber daya yang merupakan anugerah Allah swt. Contoh orang yang menyia-nyiakan sumber daya adalah mereka yang terperangkap dalam efek roda hamster. Mereka terus berputar dalam roda putarnya tanpa ada prestasi yang nyata.

Intinya dengan menentukan tujuan anda akan memperoleh gambaran yang sangat jelas akan masa depan. Juga anda akan lebih fokus, efektif, mudah mengambil keputusan, terhindar dari stress, dan yang paling penting anda dapat menemukan tujuan yang benar-benar anda inginkan.

Pada artikel selanjutnya, penulis mengajak anda untuk memulai proses menentukan tujuan dengan kriteria SMARTEST. klik link di bawah ini:

Respectfully,
Amhar M. Arifin