Manfaat Konsentrasi: Kekuatan Pendongkrak Produktifitas

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subject: Manfaat Mengasah Konsentrasi


Di dunia yang penuh kompetisi ini, konsentrasi memiliki peranan yang sangat penting. Demi memperoleh hasil yang maksimal seseorang harus memfokuskan fikiran akan suatu hal dan mengeliminasi hal-hal yang tidak diperlukan. Ketika belajar guru mengarahkan murid untuk konsentrasi, dalam pertandingan olah raga pelatih mengarahkan atlet untuk konsentrasi, bahkan ketika ibadah Allah swt. mewajibkan kita untuk konsentrasi. Dalam suatu kegiatan penting, ketika seseorang kehilangan konsentrasi, maka ia telah menghancurkan aktivitasnya tersebut. atlet ketika kehilangan konsentrasi bisa kalah dalam pertandingan, pelajar jika tidak konsentrasi tidak akan mampu menyerap apa yang diajarkan guru, bahkan orang yang sedang ibadah jika tidak konsentrasi maka sia-sia amal ibadahnya. Dengan demikian, konsentrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam segala aktivitas kehidupan.

Konsentrasi adalah seni mengelola pikiran agar tetap fokus pada suatu hal penting dan menghindari hal-hal lainnya yang tidak penting. Ketika kita memusatkan perhatian, kita hanya mengambil informasi-informasi penting yang kita butuhkan. Contohnya, ketika anda sedang berkendara, salah satu informasi yang anda butuhkan saat itu adalah informasi kondisi lalu lintas disekitar anda. Jika anda memfokuskan pada informasi yang anda butuhkan dalam berkendara, maka anda akan memperoleh hasil yang maksimal berupa berkurangnya potensi kegagalan dalam berkendara yang mungkin terjadi jika tidak ada informasi tersebut. Jika anda tidak konsentrasi dengan informasi yang dibutuhkan dalam berkendara atau mencampur pikiran mengenai lalu lintas sekitar dengan informasi yang tidak anda butuhkan, misalkan informasi yang tertera di baliho di sekitar jalan, kemungkinan anda bisa kehilangan fokus dan mengakibatkan kualitas berkendara menjadi berkurang. Maka konsentrasi adalah seni bagaimana kita seharusnya memfokuskan perhatian akan suatu hal dan menjauhkan pikiran dari hal-hal lain yang tidak dibutuhkan.

Konsentrasi memberikan banyak manfaat bagi pelakunya. Ketika kita bisa berkonsentrasi kita bagaikan melesatkan diri kita ke arah yang lebih baik. berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika berkonsentrasi:

1. MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Konsentrasi akan meningkatkan kualitas aktivitas kita sehingga bisa produktivitas akan semakin meningkat. Ketika kita hanya fokus pada kuantitas dengan mengerahkan sumber daya semaksimal mungkin tetapi kita tidak konsentrasi, maka kemungkinan besar hasil tidak akan maksimal. berbeda dengan kita berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas. Hasil yang akan diperoleh adalah efektivitas. Jika diasumsikan sebelumnya dalam waktu satu jam kita hanya bisa menghasilkan 100, maka dengan berkonsentrasi bisa menghasilkan 1000. Bertambahnya hasil yang diperoleh karena konsentrasi ini berlaku dalam setiap kehidupan kita. Dengan demikian konsentrasi bisa meningkatkan hasil dari suatu aktivitas dan menghemat sumber daya yang kita miliki.

2. SKILL MENGONTROL PIKIRAN

Dengan konsentrasi kita bisa mengendalikan pikiran kita. Jika sebelumnya pikiran dibiarkan terlepas, maka dengan konsentrasi pikiran tersebut mampu dikendalikan dan diatur mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Dengan menguasai skill mengontrol pikiran ini maka akan membantu kita dalam menjalankan berbagai hal. Kita bebas menentukan mana hal-hal yang tidak penting, dan mana hal yang penting. Dengan fokus terhadap hal-hal yang penting kita bisa mengeliminasi hal-hal yang mengganggu aktivitas kita (tidak penting).

3. MENINGKATKAN PERCAYA DIRI

Ketika kita melakukan konsentrasi dalam aktivitas, percaya diri akan meningkat dikarenakan bertambahnya keyakinan akan kemampuan diri. Ketika konsentrasi kita mampu menjaga informasi yang kita butuhkan dan menghindari informasi yang kita butuhkan, sehingga proses transfer informasi yang kita butuhkan tersebut semakin lama semakin kuat. Akhirnya kita semakin percaya diri dengan apa yang kita lakukan. Ketakutan akan kegagalan semakin berkurang dikarenakan memiliki informasi yang murni dan tidak terkontaminasi oleh informasi lainnya yang tidak penting sehingga kita tetap fokus di trek yang telah dicanangkan.

4. MENINGKATKAN DAYA INGAT

Konsentrasi akan membuat ingatan semakin tajam. Ketika kita terbiasa berkonsentrasi akan suatu hal, secara tidak langsung kita sedang melatih daya ingat dan memori. Dikarenakan terus dilatih maka daya ingat tersebut semakin kuat. Berbeda dengan daya ingat yang jarang dilatih, walaupun memiliki bakat natural ingatan yang kuat, tetap jika tidak dilatih akan berbeda dengan daya ingat yang dilatih. Ketika konsentrasi kita melatih memori kita untuk menyajikan data yang kita inginkan. Sehingga memori kita menjadi benar-benar hafal letak data tersebut. dengan terbiasa demikian, memori kita semakin tajam dan kuat dikarenakan terlatih untuk mengelola data, sehingga daya ingat kita semakin kuat.

5. MENINGKATKAN FOKUS

Walaupun sebagian orang sering menyamakan makna konsentrasi dan fokus, tapi sebenarnya ada sedikit perbedaan makna. Fokus adalah ketika kita melihat sesuatu dengan sangat detail sehingga kita meraih hal yang kita inginkan dari sesuatu tersebut. sedangkan konsentrasi adalah menyadari  apa yang kita lakukan dan berusaha untuk menghindari memikirkan hal lainnya sehingga tetap sadar dengan apa yang sedang dilakukan. Dengan demikian, ketika kita konsentrasi, kita semakin fokus, berbeda dengan fokus tanpa konsentrasi, yang terjadi adalah fluktuasi pikiran sehingga fokus tersebut tidak mungkin terpenuhi. Maka untuk bisa fokus, kita harus konsentrasi.

Demikian lima manfaat dibalik konsentrasi. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya dari konsentrasi. Tetapi setidaknya dari kelima manfaat tersebut penulis harapkan bisa membangkitkan semangat pembaca untuk untuk meningkatkan konsentrasi.

Pada artikel selanjutnya penulis menjelaskan langkah dan strategi untuk mengasah konsentrasi. silakan klik disini.

Respectfully,
Amhar M. Arifin