Langkah dan Strategi Meningkatkan Konsentrasi

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subject: Cara Mengasah Konsentrasi


Meningkatkan konsentrasi membutuhkan waktu dan perjuangan yang tinggi. Kita bisa menjadi individu yang memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi ketika kita telah berhasil melatih diri untuk berkonsentrasi dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu, usaha yang keras selama berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun, tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika kita tidak bisa mengerahkan otak kita untuk berpikir secara maksimal dengan menganalisis informasi yang dibutuhkan dan mengesampingkan informasi yang tidak dibutuhkan dalam menjalankan aktivtias.

Pada artikel sebelumnya (manfaat konsentrasi), penulis telah meng-ekspos beragam manfaat konsentrasi dalam kehidupan. Maka pada artikel sekarang ini, penulis akan membahas tips untuk meningkatkan konsentrasi dan mereduksi berbagai macam pengganggu konsentrasi.

1. MOTIVASI

Motivasi merupakan salah satu kontributor penting dalam meningkatkan konsentrasi. Ketika kita memiliki motivasi yang tinggi, kita akan menjalankan suatu aktivitas dengan sepenuh hati. Sedangkan ketika motivasi lemah, berbagai macam pengganggu konsentrasi akan mudah menguasai diri kita dan pada akhirnya memecah pikiran kita ke hal-hal yang tidak penting. ketika pikiran terpecah maka alokasi pikiran kita tidak optimal karena tidak difokuskan terhadap hal yang penting. akhirnya informasi-informasi tersebut menumpuk sehingga mengakibatkan informasi yang kita butuhkan kalah dengan informasi yang tidak dibutuhkan sehingga kita malah berhenti melakukan hal yang sebenarnya harus dilakukan lalu berpindah kepada hal-hal yang tidak dibutuhkan. Contohnya, ketika kita mengerjakan suatu hal dengan motivasi lemah, lalu ada hal-hal pengganggu di sekitar kita seperti musik, film, dan lain-lain. Akhirnya kita pikiran kita mudah tergerus oleh hal-hal yang tidak dibutuhkan tersebut. berbeda dengan motivasi tinggi, Sekuat apapun pengganggu konsentrasi, jika motivasi lebih kuat, maka kita akan mampu berkonsentrasi mengerjakan aktivitas kita. Tapi perlu kita ketahui bahwa tidak semua orang yang memiliki motivasi tinggi mampu berkonsentrasi. Tips-tips berikutnya akan melengkapi hal ini.

2. POLA PIKIR

Selain motivasi, pola pikir memiliki peranan sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi. Perlu dibangun pola pikir yang bisa mendukung untuk meningkatkan konsentrasi. Diantara pola pikir untuk meningkatkan konsentrasi adalah fokus terhadap tugas, berani menghilangkan segala macam gangguan konsentrasi ketika melakukan aktivitas, pandai membangun skala prioritas, menghindari sikap menunda pekerjaan, menanamkan jiwa bekerja keras, dan selalu berpikir positif. Pola pikir yang baik akan membantu meningkatkan konsentrasi walaupun tanpa kita sadari. Konsentrasi akan meningkat seiring dengan perubahan pola pikir ke arah lebih baik.

Fokus terhadap tugas akan membantu meningkatkan produktivitas. Ketika fokus maka sumber daya kita akan dialokasikan terhadap sasaran yang tepat. Bagaikan kaca pembesar yang bisa membakar kertas jika bagian yang akan dibakar tepat berada pada titik fokus. Ketika cahaya matahari menyinari permukaan kaca pembesar, cahaya tersebut dikumpulkan menjadi satu titik sehingga kekuatannya menjadi terpusat. Begitu juga kita dalam mengalokasikan sumber daya yang kita miliki. jika pikiran terpusatkan pada satu titik (pekerjaan yang sedang dikerjakan) maka hasil akan maksimal.

Selain fokus terhadap tugas, menghindari sikap menunda akan meningkatkan konsentrasi. Ketika dalam proses melakukan aktivitas, kadang kita akan mudah menyerah atau terganggu dengan hal lainnya jika ada dalam pikiran untuk menunda pekerjaan. Menunda adalah memberikan keringanan pada diri sendiri untuk mengerjakan suatu hal pada waktu lainnya. Akhirnya karena merasa memiliki banyak waktu, maka kita bagaikan membuka pintu lebar-lebar bagi hal-hal yang tidak penting untuk merasuki pikiran sehingga konsentrasi semakin menurun.

Pola pikir yang paling penting adalah selalu berpikir positif. Konsentrasi akan mudah hilang jika kita dikuasai oleh pola pikir negatif. Jika selalu berpikir positif, maka kita akan nyaman mengerjakan suatu hal dan bebas dari hal-hal negatif yang mengganggu pikiran. Berpikir positif akan membuahkan kerja keras, menghindari sikap menunda, dan menanamkan jiwa pantang menyerah dalam diri.

3. LINGKUNGAN

Jika point pertama dan kedua berkaitan dengan hal-hal internal yang ada dalam diri, maka point ketiga ini berkaitan dengan hal-hal yang ada disekitar diri. Lingkungan yang nyaman dan mendukung akan membantu kita berkonsentrasi. Jadi pastikanlah anda merasa nyaman dengan lingkungan sekitar anda. Selain itu pastikan bahwa lingkungan bebas dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Dengan demikian konsentrasi akan meningkat. Pilihlah tempat yang cocok untuk berkonsentrasi. Biasanya beberapa tempat lebih cocok untuk berkonsentrasi dibandingkan tempat lainnya. Perpustakaan dan ruang belajar adalah contoh yang baik. selain itu, cobalah untuk selalu menjaga jarak dengan kebisingan jika anda ingin berkonsentrasi.


Selain tiga tips utama diatas, ada beberapa hal ringan yang bisa membantu anda untuk berkonsentrasi seperti banyak minum air putih, melihat orang lain yang berkonsentrasi, tetap tenang, istirahat cukup, latihan pernafasan, membuat rencana, dan rajin olah raga. Dengan selalu mengasah diri anda untuk berkonsentrasi, maka tidak menutup kemungkinan produktivitas anda akan meningkat seiring dengan meningkatnya level konsentrasi anda.

Respectfully,
Amhar M. Arifin