Cara Menjadi Positif di Lingkungan Negatif

Subj. Konsisten dengan Kebaikan di Tengah Lingkungan yang Buruk.
From the desk of Amhar Maulana Arifin.



Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita terperangkap di lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kebiasaan negatif. Bahkan kebiasaan negatif tersebut menjadi norma dan keajekan. Jangankan sekedar lingkungan sekitar, bahkan dalam skala nasional maupun internasional nilai-nilai negatif tersebut telah mengakar dengan kuat. Contoh nyatanya, ketika anda menyalakan televisi, berapa banyak acara yang pada hakikatnya menanamkan nilai-nilai negatif tapi karena sudah terbiasa sehingga yang terpikir oleh pemirsa bahwa hal tersebut wajar-wajar saja. Akhirnya, nilai-nilai negatif ini mengakar dan mempengaruhi perilaku kita.

Nilai negatif dalam skala kecil bisa di temukan di tempat kerja, sekolah, bahkan rumah. Anda menemukan teman sekelas yang pemalas dan senang hura-hura, anda menemukan rekan kerja yang menghujat pekerjaan dan menyebarkan sikap putus asa, di keluarga anda menemukan saudara yang mengajak anda bermalas-malasan, dan lain-lain.

Tapi bagaimanapun, untuk membangun hidup yang lebih baik (baik dalam karir, hubungan, dan pengembangan diri), anda harus selalu berusaha untuk positif. Kita sama-sama mengetahui bahwa selalu positif itu sulit, tapi jika berusaha mencari solusi agar selalu positif, maka tidak ada yang tidak mungkin.

Berikut ini merupakan langkah-langkah agar selalu positif di lingkungan negatif.

1. PENUHI DIRI ANDA DENGAN HAL-HAL POSITIF

Jika musuh (negatif) menyerang anda bertubi-tubi, maka anda pun harus membentengi diri anda dengan nilai-nilai positif yang kuat. Baca tulisan-tulisan motivasi yang membuat anda positif, kuatkan diri anda untuk selalu melakukan hal-hal positif, jika kuantitas dan kualitas nilai positif yang ada dalam diri anda lebih besar dari nilai-nilai negatif dari luar, maka anda bisa untuk selalu positif karena anda lebih kuat dari lingkungan anda.

2. MENJALIN HUBUNGAN DENGAN ORANG-ORANG YANG POSITIF

Cobalah untuk membangun pertemanan dengan orang-orang positif. Disini bukan berarti anda tidak boleh punya relasi dengan banyak orang. untuk perihal relasi anda tidak perlu pilih-pilih, sedangkan masalah pertemanan anda harus pilih-pilih, apalagi sahabat dan pasangan hidup. Terdapat perbedaan makna antara teman dengan relasi. Relasi adalah orang yang kita kenal yang suatu saat bisa dimanfaatkan untuk bekerja sama. Sedangkan teman adalah orang yang memiliki hubungan sosial lebih dekat dengan kita yang bisa mempengaruhi perilaku kita sehari-hari. Maka usahakan agar teman, sahabat, dan pasangan hidup itu orang-orang yang bisa menularkan nilai positif pada kita. Lalu bagaimana jika sahabat dan pasangan hidup bukan orang yang positif? Maka caranya ada di langkah ke enam.

3. KUATKAN IDEALISME ANDA

Idealisme adalah aset yang sangat penting yang harus dimiliki pribadi sukses. Orang yang memiliki idealisme yang tinggi akan cenderung memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Idealisme akan menjadi benteng kita dari serangan-serangan negatif dari luar. Idealisme menjadi tolak ukur gerakan kita untuk selalu positif. Idealisme akan menjadikan anda orang yang tahan banting dari perilaku negatif.

4. TUTUP TELINGA DARI HASUTAN ORANG-ORANG NEGATIF

Langkah keempat ini merupakan salah satu implementasi dari kekuatan idealisme anda. Pernahkah anda dicemooh oleh orang sekitar anda karena melakukan hal yang berbeda dengan orang lain? Pernahkah anda merasakan bahwa perilaku anda benar-benar berbeda dari lingkungan sosial anda? sebenarnya hal-hal seperti ini adalah biaya yang harus kita bayarkan untuk selalu positif.

Jika anda merasa bahwa tindakan anda benar, mengapa harus peduli dengan cemoohan orang lain? Mereka melakukan demikian bisa jadi iri dan tidak mampu. Mereka adalah orang-orang yang mempasrahkan dirinya terhadap lingkungan yang negatif. Tapi bukan berarti anda harus memusuhi mereka, jadikanlah mereka bermanfaat untuk anda. bagaimana caranya? Jadikan relasi. Tapi jangan sampai anda menjadikannya teman selama mereka masih bergumul dengan perilaku negatif mereka.

5. BUAT VISI, MISI, PLANNING, DAN TARGET

Visi, misi, planning dan target adalah hal yang sangat penting dalam hidup. Jika anda tidak membuat keempat hal ini kuat, maka besar kemungkinan idealisme anda akan roboh di tengah perjalanan. Maka kuatkan keempat hal ini, dan anda akan merasakan hasilnya.

6. BANTU ORANG LAIN UNTUK POSITIF

Manusia hidup sebagai makhluk sosial. Sebagai manusia kita saling membutuhkan satu sama lain. Maka dalam kehidupan sosial ini, jadilah orang yang membantu orang lain untuk positif. Jadilah sumber pemberi energi yang memberikan kekuatan positif terhadap orang-orang sekitar anda. jika anda selalu positif maka bukanlah hal yang tidak mungkin pasangan hidup anda, sahabat anda, bahkan teman anda terbawa positif.

Demikian langkah-langkah untuk selalu positif. Intinya, selalu kerahkan kemampuan puncak demi menjaga jiwa positif anda, dengan demikian, anda akan memancarkan energi positif ke sekitar anda. good luck!

Respectfully,
Amhard