Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda

From the desk of Amhar Maulana Arifin.
Subj. Langkah untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda.


Menunda pekerjaan bagaikan mengangkat gelas di tangan. Semakin lama gelas tersebut diangkat, semakin berat bobotnya. padahal aslinya gelas tersebut tidaklah berat. begitu juga dalam menunda pekerjaan. kebiasaan ini bagaikan candu. Sekali biasa menunda akan terus menunda. Akibatnya bisa kehilangan kesempatan dan momen terpenting, sering menghindari tugas bahkan takut. hidup pun penuh dengan penyesalan.

Ada banyak penyebab seseorang menunda pekerjaannya. Karena penyebabnya banyak maka solusinya pun banyak. Intinya, untuk bisa mengatasi kebiasaan menunda ini, anda perlu mengetahui dengan pasti penyebabnya apa. Setelah itu temukan solusi yang paling tepat.

Berikut ini merupakan hal-hal yang kadang menjadi penyebab kita menunda dan cara untuk menyelesaikannya:

TUGAS YANG TIDAK MENYENANGKAN

Tugas yang tidak menyenangkan ini mengakibatkan kita ingin menundanya. Perasaan kita mengatakan bahwa masih ada waktu lain untuk melaksanakannya. Juga mengatakan bahwa melaksanakan tugas tersebut hanya menghabiskan waktu dan menyiksa diri. Akhirnya waktu telah mepet tugas pun tidak dikerjakan dengan baik.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah seperti ini: anggap tugas tersebut musuh yang harus segera diselesaikan. Seandainya tidak melaksanakan secepatnya mereka akan selalu menghantui hidup kita. Ingatlah bahwa ketika anda menyelesaikannya tersimpan kemenangan yang bermanfaat untuk anda. contohnya anda malas membersihkan kamar mandi, mencuci pakaian, atau bayar hutang misalnya. Hal-hal seperti ini adalah musuh anda yang harus anda lawan. Kamar mandi jika dibiarkan saja menyebabkan penyakit. Pakaian jika tidak dicuci akhirnya anda kehabisan pakaian. Hutang jika tidak dibayar secepatnya maka bunganya bisa menumpuk mungkin anggaran buat bayar hutang habis terpakai. Maka atasi tugas-tugas tersebut dengan segera.

TUGAS YANG KOMPLEKS

Kadang tugas itu tampak begitu sulit untuk dikerjakan. Akhirnya timbul rasa malas mengerjakan dan memilih menunda. Jika terus seperti ini yang ada tugas tidak dikerjakan sama sekali.

Solusi untuk mengatasi masalah seperti ini adalah: tuliskan langkah-langkah yang hendak dilakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Pecah planning menjadi bagian-bagian kecil sehingga anda memiliki to-do-list yang harus dilakukan. Lakukanlah planning anda secara bertahap. Jika tidak bisa mengerjakannya dan butuh bantuan orang lain, minta bantuan secepatnya, jangan ditunda.

KEHABISAN TENAGA

Mungkin alasan yang sangat nyata mengapa orang menunda mengerjakan suatu hal adalah sudah kehabisan energi. Hidup di dunia modern seperti ini kadang membuat kita lelah. Persaingan, tantangan, tuntutan, dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya diperlukan istirahat dan olahraga. Cobalah untuk mengatur waktu dengan baik. Orang yang produktif bukanlah mereka yang memforsir diri untuk bekerja. Tapi mereka yang memiliki hidup yang seimbang. Bekerja ketika waktunya dan istirahat ketika waktunya.

ADA HAL LAIN YANG LEBIH MENYENANGKAN

Keberadaan hal lain yang lebih menyenangkan mengakibatkan seseorang malas mengerjakan tugas yang tidak menyenangkan. contohnya, banyak orang yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di social media, tapi malas mengerjakan tugas dari kampus, baru setengah jam mengerjakan sudah bosan. Inilah yang mengakibatkan ia menunda tugasnya.

Cara  menyelesaikannya, cobalah buat skala prioritas dan fokus dengan yang paling penting dan mendesak. jika hal yang menyenangkan itu lebih penting dan mendesak. Laksanakan yang menyenangkan tersebut. Tapi jika yang lebih penting dan mendesak adalah tugas yang tidak menyenangkan, maka cobalah selesaikan tugas yang tidak menyenangkan tersebut.

Demikian tips bagaimana anda mengatasi kebiasaan menunda. Intinya temukan terlebih dahulu penyebabnya, lalu fokus cari solusi terbaiknya.

Respectfully,
Amhar