Kekuatan Karisma

Subj. Terdapat Kekuatan di Balik Kharisma
From the desk of Amhar Maulana Arifin.


Karisma mampu mengendalikan jiwa pemiliknya, menghancurkan seluruh rasa takut dan mengekspos segala hal baik yang tersembunyi dalam diri pemiliknya. Karisma memberikan efek cinta dan bahagia, benci dan marah, keberanian dan komitmen, integritas dan loyalitas, semangat dan harapan. Jika seorang pemimpin memiliki karisma yang tinggi maka ia bisa mengayomi dan dihormati rakyatnya tanpa banyak bicara, jikalau berbicara maka bisa melucuti mental musuh. Karisma adalah suatu kekuatan yang dimiliki manusia  yang bisa digunakan untuk memikat orang lain, menambah pengikut, mempengaruhi orang lain dengan daya tariknya.

Karisma juga memiliki arti daya tarik yang dimiliki seseorang pada tingkatan tertentu. Anda memiliki karisma yang spesial bagi orang yang patuh dan menghormati anda. Baik anggota keluarga, rekan kerja, teman, atau pun yang lainnya. Jika anda merasakan emosi yang positif terhadap orang lain, merasakan kebahagiaan membangun relasi dengan orang lain, bisa jadi itu adalah tanda karisma anda.

Terdapat tiga komponen utama dalam karisma yaitu: kemampuan komunikasi, disukai banyak orang, dan keyakinan yang kuat dalam diri. Tiga komponen tersebut adalah faktor terpenting yang menjadi ukuran karisma karisma.

Kemampuan komunikasi adalah kemampuan seseorang menjadikan kata bukan hanya sekedar media untuk menyampaikan informasi, tapi menjadikannya media untuk mempengaruhi orang lain. Kata-kata dijadikan sebagai sarana membentuk kepatuhan. Itulah sebabnya para pemimpin yang hebat bisa disegani dan setiap perintahnya dipatuhi oleh bawahannya karena kata-katanya. Ia bisa mengubah hal yang biasa menjadi sumber motivasi. Itulah kekuatan kata-kata yang mampu menembus apa yang tidak ditembus oleh jarum, kekuatannya sangat tajam. Jika kata-kata digunakan dengan baik, maka hasilnya pun positif. Tapi jika kata-kata digunakan untuk menyakiti orang lain, maka ia adalah orang yang merugi.

Yang kedua adalah disukai banyak orang. Sungguh berbeda orang yang memiliki karisma yang terbentuk dari energi positif dengan orang yang memiliki karakter yang terbentuk dari energi negatif. Orang yang memiliki karisma akan cenderung disenangi banyak orang, ia memiliki pola pikir dan sikap yang disenangi banyak orang, disenangi bawahannya, bahkan disegani. Disegani bukan berarti ditakuti, disegani bersumber dari karisma yang berasal dari energi positif dalam diri, sedangkan ditakuti bersumber dari energi negatif. Oleh karena itu orang yang memiliki karisma jauh dari perilaku buruk termasuk kesombongan. Ia menebarkan senyuman dan kebahagiaan kepada sesama.

Dan komponen yang terakhir adalah keyakinan yang kuat dalam diri. Keyakinan adalah sumber energi yang mampu memancarkan aura kepada sekitar. Seseorang dikatakan memiliki karisma jika ia memiliki persona yang kokoh, jiwa yang kuat dan konsisten. Mindset yang ia bangun menjadi acuan utama terhadap tindakan yang ia lakukan. Ia yakin dengan pola pikir yang ia anut. Ia bisa merasakan ada sumber energi yang tersimpan kokoh dalam dirinya. Energi yang bisa meningkatkan daya tariknya terhadap sekitar.

Contohnya, orang yang diakui sebagai tokoh berpengaruh sepanjang peradaban umat manusia, rasulullah saw. Beliau adalah orang yang memiliki karisma terbesar sepanjang sejarah. Tidak ada dan tidak akan ada di masa depan orang yang memiliki karisma sepertinya. Beliau bukan hanya disegani kaum muslimin, tapi para non muslim bahkan bangsa jin. Tingkah laku beliau yang mencerminkan akhlak yang baik hingga Allah swt pun berfirman dalam Al-Quran bahwa Allah telah menjadikan rasulullah sebagai suri teladan yang baik. Teladan bagi seluruh umat manusia.

Karisma dapat memberikan efek positif dalam setiap aspek hidup anda. Jika anda pengusaha maka dengan karisma yang besar pekerjaan anda menjadi mudah. Ketika akan bekerja sama dengan orang lain, maka mereka akan membuka pintu lebar-lebar dan siap untuk bekerja sama. Dengan karisma orang cenderung memberikan kesempatan dan membantu anda. Jika anda orang yang sedang menjalin hubungan, maka orang-orang cenderung untuk senang berada dekat dengan anda karena anda menyebarkan rasa bahagia kepada mereka. Begitu juga jika anda dalam keluarga, persahabatan, mereka akan cenderung mendekati anda dan anda mampu memberikan pengaruh kepada mereka.

Bangunlah karisma anda. Karisma yang dibangun dengan baik akan menghasilkan dampak yang positif bagi anda dan orang-orang di sekitar anda.

Respectfully,
Amhard