Cara Menghentikan Kebiasaan Mengeluh

Subject: Langkah-langkah untuk melawan kebiasaan mengeluh
From the desk of Amhar Maulana Arifin,


Artikel ini berkaitan dengan artikel: "Berhenti Mengeluh, Kerahkan Kemampuan Puncak!"

Banyak diantara kita yang sudah terbiasa mengeluh. Bahkan jika Anda berpendapat bahwa Anda adalah orang yang paling bahagia di dunia, Anda kadang-kadang mengeluh juga. Kebiasaan mengeluh adalah penyakit yang harus segera disembuhkan agar tidak menular ke banyak pihak.

Jika pada artikel sebelumnya saya membahas tentang dampak negatif dari mengeluh. Maka pada artikel ini saya paparkan cara agar bisa terlepas dari perilaku negatif ini.

Berikut adalah beberapa tips agar anda berhenti mengeluh dan fokus mencari solusi:

UBAH CARA BERFIKIR ANDA

Manusia kadang seperti malaikat dan kadang pula seperti setan. Energi positif dan negatif saling bertarung untuk menguasai diri kita. Tapi biasanya otak manusia cenderung tertarik ke arah negatif. menjaga diri selalu dalam kebaikan begitu sulit karena kekuatan negatif lebih kuat dibanding kekuatan positif. Semakin lama sikap negatif tersebut dipelihara, semakin kuat kekuatannya. Berbeda dengan energi positif, semakin tinggi energi tersebut dirawat, semakin besar tantangannya. Hal ini berlaku pula dalam kebiasaan mengeluh. Mengeluh adalah kebiasaan negatif yang jika terus dipelihara akan merugikan orang yang memilikinya. Oleh karena itu, setiap kali kita terjerembab dalam kebiasaan negatif, ubahlah pola pikir dengan segera sehingga kebiasaan buruk tersebut bisa diperbaiki.

Mengubah cara berfikir tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh keinginan keras dan latihan terus-menerus. Dengan latihan yang konsisten suatu saat kebiasaan buruk tersebut akan menghilang. Contohnya, ketika muncul dalam pikiran anda tentang sesuatu negatif akan seseorang. Cobalah untuk menahannya dan tidak mengungkapkan. Paksa diri anda untuk berhenti dan gantilah dengan sesuatu yang positif. Mintalah bantuan orang-orang sekitar anda agar anda berhenti mengeluh dan mengingatkan jika anda mengeluh.

BERSYUKUR

Tidak ada di dunia ini yang bisa mengalahkan rasa syukur. Orang yang paling bahagia adalah mereka yang menerima apa yang dianugerahkan Allah untuknya. ketika muncul keinginan untuk mengeluh buatlah list tentang hal-hal yang anda syukuri. Karena bagaimanapun kita tidak dapat memungkiri nikmat Allah yang walaupun tintanya adalah seluruh air di muka bumi dan penanya adalah seluruh ranting yang ada tidak akan cukup untuk menuliskan nikmat yang telah dianugerahkan oleh-Nya.

Salah satu cara untuk bersyukur yang terbaik adalah dengan menjalankan ibadah dengan baik. Allah swt. pun telah menyatakan bahwa pada hakikatnya manusia diciptakan dalam keluh kesah dan kikir, Apabila ia ditimpa kesusahan ia akan berkeluh kesah, apabila mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang yang mengerjakan shalat. Maka mereka yang mampu menjalankan ibadahnya dengan sempurna terutama shalat maka ia dijamin tidak akan termasuk golongan orang yang sering berkeluh kesah dan kikir karena tidak pernah bersyukur.

HINDARI JIWA PERFEKSIONIS YANG BERLEBIHAN

Perfeksionisme adalah suatu sikap kepribadian yang mana ditandai dengan keadaan seseorang menetapkan standar akan suatu suatu kinerja atau hal apapun dan berjuang untuk mencapai kesempurnaan dengan berlebihan. Contohnya, seorang guru yang berharap muridnya menjadi benar-benar sempurna dengan memberikan banyak tugas, memperbaiki kesalahan-kesalahan muridnya walau hal kecil, berjuang agar dirinya dan orang-orang sekitarnya untuk melakukan suatu hal yang ideal.

Perfeksionis adalah suatu tindakan yang baik. Tapi ketika sikap perfeksionis ini lepas kontrol bisa mengakibatkan orang yang memiliki sikap ini sering mengeluh. Sikap perfeksionis yang berlebihan sangat rentan dengan hasil yang tidak memuaskan. Hal ini terjadi karena sulitnya kesempurnaan tersebut dicapai karena standarnya terlalu tinggi. Akhirnya yang tersisa adalah keinginan untuk mengeluh karena keadaan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Terlalu mengharapkan kesempurnaan juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan akal sehat. banyak orang yang stress akibat perfeksionis yang lepas kontrol seperti ini. Oleh karena itu cobalah untuk mengurangi sikap perfeksionis yang berlebihan. Karena manusia bisa dikatakan sempurna karena kesempurnaannya.

CERITAKAN PERASAAN ANDA KEPADA ORANG YANG ANDA PERCAYA

Keinginan memang harus diredam. Tapi untuk beberapa orang, memedam gejolak emosi ini kadang mengakibatkan stress. Oleh karena itu, cobalah untuk menyalurkan keluhan anda dengan cara yang benar. Mengeluh bukanlah-marah-marah dan menghasut orang lain untuk produktif. Tapi cobalah untuk mencurahkan perasaan anda kepada orang lain dengan tujuan meminta orang lain menasihati anda. Usahakan anda tidak menularkan keluhan anda terhadap orang yang anda jadikan tempat curhat. Tapi sebelum menceritakan keluhan anda, mintalah orang yang anda jadikan tempat keluhan menasihati atau memotivasi anda.

Demikian langkah untuk mengatasi kebiasaan mengeluh. Intinya adalah niatkan dalam diri untuk membuang kepribadian negatif tersebut demi kebaikan diri sendiri dan orang sekitar anda.

Respectfully,
Amhar