Makna dan Hakikat Dari Kesuksesan

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subject: Menguak makna dibalik kata Sukses



Sukses merupakan istilah yang abstrak dan setiap orang mungkin memiliki definisi kesuksesan yang berbeda. Menentukan definisi universal dari kesuksesan tidaklah mudah.  Setiap individu memiliki perspektif masing-masing. Tapi perbedaan definisi ini bukanlah permasalahan yang serius, yang menjadi masalah adalah mereka yang mengejar kesuksesan tetapi tidak faham esensi dari kesuksesan yang dikejarnya. Alih-alih bukannya kesuksesan yang ia raih, tapi ia kebingungan menentukan arah mana yang harus dituju. Maka berikut ini penulis telah merangkum lima definisi yang berbeda dari lima kelompok pribadi yang berbeda tentang kesuksesan.

1. Sukses Adalah ketika Berhasil Meraih Tujuan dalam Hidup

Ada golongan yang menyatakan bahwa sukses adalah ketika berhasil meraih tujuan dalam hidup. Sukses merupakan bentuk pencapaian target dan misi dalam hidup. Misalkan ketika seseorang memiliki misi untuk menyelesaikan kuliah master dalam waktu 1 tahun, jika ia berhasil merealisasikannya maka ia telah sukses. Ketika ada orang yang memiliki target untuk memiliki pendapatan sebesar 10.000 USD / bulan, jika ia berhasil melampaui target pendapatan tersebut maka ia telah sukses. Bahkan, ketika ada siswa yang berencana untuk datang ke sekolah 30 menit sebelum jam belajar dimulai, ketika berhasil merealisasikannya berarti telah sukses. Seseorang harus bekerja keras dan memiliki percaya diri yang tinggi demi merealisasikan impian. Menjadi sukses pada apa yang ditargetkan juga bisa membantu untuk meningkatkan motivasi dalam diri. Ketika ada orang yang berhasil merealisasikan sebuah tujuan, ia cenderung lebih sukses dalam tujuan-tujuan lain. Hal ini karena mereka merasa bahwa kerja keras mereka terbayar dan usaha mereka bernilai. Maka jika mengacu pada definisi ini, kesuksesan tidak terbatas pada waktu-waktu tertentu, setiap hari seseorang bisa merasakan kesuksesan ketika planning maupun targetnya pada hari itu sukses direalisasikan. Pencapaian hal-hal kecil pun bisa menjadi kesuksesan jika mengacu pada definisi ini.

2. Sukses adalah Keseimbangan Semua Aspek dalam Hidup

Ada juga sekelompok orang yang memaknai kesuksesan ketika mampu menciptakan keseimbangan yang maksimal di antara semua aspek dalam hidupnya. Perlu kita ketahui bahwa semua orang memiliki aspek terpenting dalam hidup, diantara aspek-aspek penting dalam hidup adalah diri pribadi, keluarga, persahabatan, komunitas, kemanusiaan, lingkungan, pekerjaan, hingga yang terpenting yaitu spiritual. Jika hanya sekedar sukses dalam satu aspek tetapi gagal dalam menyeimbangkan aspek lainnya berarti belum sukses. Pernahkah anda menemukan orang yang kaya lalu anda katakan sukses? Ada selebritis yang sedang mencapai puncak popularitasnya lalu anda katakan sukses? Atau ada seorang peraih medali emas olimpiade internasional lalu anda katakan ia telah sukses? Jika mengacu pada definisi sukses point ini, belum tentu orang-orang tersebut telah mencapai kesuksesan yang sebenarnya. Seandainya mereka gagal dalam menyeimbangkan hidupnya, misalkan gagal dalam keluarga, persahabatan, maupun spiritual, maka belum dapat dikatakan sukses. Dengan demikian, jika mengacu kepada definisi ini, sukses adalah ketika seseorang mampu membangun keseimbangan dalam hidup.

3. Sukses adalah Menjadi yang Terbaik dari yang Terbaik

Definisi sukses yang lain adalah menjadi yang terbaik pada bidang tertentu. Definisi sukses ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang sering ikut lomba, para Atlet, olahragawan, juga orang-orang yang senang berkompetisi. Dalam perlombaan dan kompetisi, yang menjadi tujuan bukan hanya sekedar untuk melakukan yang terbaik, tapi menjadi yang terbaik dan berada di urutan pertama adalah tujuan utama. Biasanya, jika seseorang mengacu kepada definisi ini, ia bisa sangat rentan untuk menderita kekecewaan. Hal ini terjadi karena ketika ia bersikeras untuk menjadi juara, maka kemungkinan untuk menang bisa jadi sangat kecil. Apalagi jika kompetitornya mencapai 1000 orang maka kesempatan menangnya sekitar 0,1 persen. Dengan demikian kemungkinan untuk kecewa nya sangat tinggi.

4. Kesuksesan adalah Suatu hal yang Menciptakan rasa Iri

Definisi lain dari kesuksesan adalah bahwa kesuksesan dapat membuat individu lainnya merasa iri. Misalkan jika ada dua orang yang bergelut pada bidang yang sama, keduanya adalah ahli dalam bidang tersebut. Jika seandainya orang kedua lebih baik dari orang yang pertama, maka besar kemungkinan orang pertama akan iri kepada orang yang kedua. Ini berarti bahwa keberhasilan dapat membuat rasa pahit bagi yang lain, sang kompetitor bukannya senang dengan prestasi yang diraih saingannya, tetapi sebaliknya, ia merasa iri dan berusaha untuk melakukan yang lebih baik lagi dari saingannya. Dalam hal ini perlu diingat bahwa jika kesuksesan adalah suatu hal yang membuat iri, maka orang-orang yang iri dengan kesuksesan adalah mereka yang membenarkan kesuksesan tersebut. Dan hal baiknya, orang-orang iri ini akan melihat kesukesan tersebut sebagai motivasi dan bahan bakar untuk mencapai tujuannya. Hal ini dibenarkan karena berkompetisi dalam kebaikan adalah suatu keharusan. Tetapi jika rasa iri tersebut memunculkan kedengkian, maka yang salah bukanlah mereka yang sukses, tapi mereka yang menderita penyakit hati ini.

5. Sukses adalah Pujian dan Apresiasi

Sukses pun biasanya diartikan berada pada satu paket dengan apresiasi. Jika ada seseorang yang kita kenal berhasil dengan apa yang ia usahakan, kita pasti akan mengucapkan selamat kepada mereka. Ini akan membuat mereka merasa baik dan menjadi stimulus bagi mereka untuk lebih melesat jauh. Sedangkan kegagalan identik dengan cemoohan maupun kritik. Tapi menurut penulis pribadi definisi ini kurang tepat. Dikarenakan pujuan dan cemoohan memiliki esensi yang tidak terlalu ada sangkut pautnya dengan kesuksesan. Penulis akan membahas secara detail mengenai pujian dan kritik pada artikel khusus. Tapi penulis tidak membatasi jika pembaca merasa lebih cocok dengan definisi ini. karena memang pada kenyataannya, orang yang sukses cenderung memperoleh proporsi pujian dan apresiasi lebih besar dibandingkan kritik dan cemoohan.


Demikian lima definisi sukses yang berkembang di masyarakat saat ini. Menurut penulis pribadi, definisi nomor satu dan dua adalah definisi yang paling cocok untuk menggambarkan kesuksesan. Definisi nomor satu memungkinkan setiap orang untuk sukses pada jalan yang dipilihnya, dan definisi kedua akan membuat seseorang berusaha membangun keseimbangan dalam hidup. Tapi bukan berarti definisi kesuksesan yang lain adalah salah, semua definisi yang telah penulis paparkan memiliki kebenarannya masing-masing. Yang terpenting adalah kita harus mengetahui makna dari kesuksesan terlebih dahulu sebelum berusaha untuk meraihnya. Dengan mengerti arti dari kesuksesan, maka kemungkinan untuk berhasil mencapai kesuksesan lebih besar. Maka maknailah kesuksesan sebelum anda mengejarnya.