Cara Jitu untuk Sukses dalam Hidup

From the desk of Amhar Maulana Arifin
Subject: Langkah untuk Meraih Kesuksesan dalam Hidup


Apakah yang membuat seseorang benar-benar sukses? Apakah karena ia pekerja keras? Atau orang yang cerdas? Atau berani mengambil resiko? Atau memiliki jaringan dan relasi yang berpengaruh? Atau memiliki bakat yang hebat? atau hanya karena keberuntungan?. Pembaca yang hebat, jika pada artikel sebelumnya penulis telah membahas tentang makna dan esensi dari kesuksesan, maka pada artikel ini penulis akan berbagi tentang beberapa langkah dan tips untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Berikut ini adalah 10 langkah yang terbukti telah membantu banyak orang untuk sukses.

1. Memahami Esensi dari Kesuksesan

Sebelum mengetahui langkah-langkah selanjutnya agar bisa sukses dalam hidup, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu esensi dari kesuksesan. Fakta banyak orang yang ingin sukses tapi tidak tahu apa arti dari kesuksesan yang sebenarnya. Pada artikel sebelumnya penulis telah menguak esensi dari kesuksesan. untuk mengetahui hakikat dari kesuksesan, silakan klik di sini.

2. Memiliki Hasrat untuk  Sukses

Hasrat adalah semangat dan kemauan yang keras, maka hasrat untuk sukses adalah kemauan keras untuk sukses. Keinginan keras untuk sukses sangat dibutuhkan karena hasrat adalah bahan bakar yang sangat berpengaruh terhadap level usaha seseorang. Hasrat yang tinggi akan mendorong seseorang untuk mengerahkan kemampuan puncak. ketika kemampuan puncak telah dikerahkan maka peluang untuk sukses lebih besar.

3. Terus Mencoba

Terus mencoba adalah syarat mutlak untuk sukses. Sering kali orang gagal di tengah jalan karena terlalu mudah untuk menyerah dan takut untuk terus mencoba. Padahal jika kita merenung sejenak, ketika bayi sedang belajar bagaimana untuk memegang benda, lalu sering kali benda tersebut jatuh dari tangannya. Ketika benda jatuh berkali-kali, sebenarnya sang bayi sedang belajar suatu hal yang baru tentang cara yang benar untuk memegang benda. Akhirnya, setelah sering mencoba, bayi pun mampu memegang benda dengan benar. Maka hal yang sama juga berlaku untuk setiap orang yang berada dalam proses belajar. Jika ingin sukses maka harus berani untuk gagal terlebih dahulu dan terus mencoba hingga berhasil.

4. Jadilah Fleksibel

Bumi terus berputar pada porosnya, peradaban manusia juga memiliki dinamika yang kompleks, oleh karena itu, seharusnya setiap individu harus mampu bersikap fleksibel dengan tetap memegang pada prinsip yang ada. Menjadi fleksibel bukan berarti harus terombang ambing dan mengikuti kemana air mengalir, tapi menjadi fleksibel adalah bagaimana kita mampu bergerak pada suatu margin. bergerak pada margin adalah bagaimana kita tetap konsisten dengan visi kita tetapi dalam proses pencapaiannya tidak boleh kaku
. Penulis ibaratkan ketika kita berkendara di jalan raya, tidak mungkin untuk terus selalu pada posisi dengan jarak setengah meter dari batas kiri jalan. Kadang kita harus ke lajur kanan, bahkan kadang pindah ke lajur kendaraan dari lawan arah. Bahkan ketika terjadi suatu hal yang mengakibatkan perjalanan di jalur tersebut tersendat kita harus kreatif untuk mencari jalur alternatif lainnya. Hal ini pun berlaku dalam proses menuju kesuksesan. Jadilah fleksibel dengan konsisten bergerak pada suatu margin. Dengan bergerak pada margin memungkinkan kita untuk tetap konsisten dengan visi dan tujuan tanpa terhambat oleh perubahan.

5. Keyakinan yang Kuat

Jika ingin sukses, maka harus yakin dengan kesuksesan. Bagaimana mungkin seseorang bisa menjadi yang ia harapkan sedangkan ia tidak yakin bahwa dirinya mampu merealisasikannya. Maka mulai sekarang buanglah rasa ragu untuk sukses dan bangun keyakinan yang kuat. Yakinlah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Semuanya bisa direalisasikan dengan penuh ketekunan, kesabaran, keyakinan, determinasi, dan yang terpenting adalah kehendak dari sang Pencipta.

6. Mengasah Kemampuan

Orang yang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan yang selalu diasah. Mereka selalu menempa bakat dan ilmu mereka agar selalu relevan dengan zamannya. Karena di era persaingan ini, seseorang harus terus mengasah kemampuan demi menjadi pemimpin dalam kompetisi. Bahkan jika seseorang yang telah sukses malas untuk terus menempa dirinya, bisa jadi ia tertinggal di belakang para kompetitiornya. Terus mengasah kemampuan adalah faktor kesuksesan yang memiliki peran sangat signifikan terhadap eksistensi kesuksesan.

7. Tujuan yang Jelas

Sukses membutuhkan visi, misi, target, dan tujuan yang jelas. Tanpa tujuan yang jelas kita tidak akan tahu kemana arah yang harus dituju. Memiliki tujuan yang jelas akan membantu kita mempersiapkan rute yang jelas, bekal yang cukup, dan strategi yang matang. Rancanglah tujuan dengan kriteria SMARTEST. Dengan menentukan tujuan dengan jelas rasa percaya diri dalam mengejar kesuksesan pun semakin meningkat karena telah memahami secara jelas tentang tujuan yang ingin dicapai.

8. Kesempatan

Banyak orang yang cerdas, tapi tidak pernah berprestasi di bidang akademis, banyak pekerja keras, tapi tidak pernah kaya, banyak yang mampu jadi pemimpin masyarakat, tapi tidak pernah jadi pemimpin masyarakat, banyak yang berbakat jadi artis, tapi tidak pernah menjadi artis. Apakah yang menyebabkan kejadian ini terjadi? Salah satu faktor yang menjadi penyebab hal ini adalah kesempatan. Mereka yang berhasil adalah mereka yang mampu menggunakan kesesmpatan dengan baik. mereka tidak menyia-niyakan kesempatan yang datang bahkan mereka berusaha mencari kesempatan tersebut hingga memperolehnya. Akhirnya, banyak orang indonesia yang berbakat tinju, tapi hanya ada satu Chris John, banyak orang indonesia yang yang kompeten untuk jadi binaraga, tapi hanya ada satu Ade Rai. Begitu banyak orang jenius di dunia ini yang hidup dalam kemiskinan, penderitaan, bahkan meninggal tanpa diketahui karyanya. Bisa jadi mereka adalah orang yang tidak menemukan kesempatan dalam hidupnya, atau ketika memperoleh kesempatan disia-siakan begitu saja. Padahal, kesempatan adalah salah satu faktor yang menjadikan seseorang bisa menjadi presiden, billionaire, ilmuwan, hingga artis. Maka, ketika kesempatan itu datang, jangan dibiarkan berlalu. Pergunakan sebaik mungkin.

9. Istiqamah dan Konsisten

Setiap orang mengalami fluktuasi dalam hidup. Kadang dengan semangatnya ia berada di atas angin, kadang juga sebaliknya dengan kemalasannya ia berada di bawah tanah. Fluktuasi dalam hidup adalah hal yang wajar dan telah menjadi hukum alam. Yang terpenting adalah bagaimana cara menyiasatinya agar selalu istiqamah. Ada beberapa tips untuk terus istiqamah dan mengatasi motivasi yang naik turun, silakan klik di sini

10. Take Action!

Tips sukses yang terakhir adalah berani untuk bertindak sekarang juga. ubahlah segala impian dan cita-cita menjadi kenyataan. Banyak orang yang gagal di dunia ini bukan karena ia ia tidak mampu, atau mimpinya salah, tapi karena mereka gagal di awal karena tidak mau bertindak. Mulailah dari sekarang juga, mulai dari hal kecil, dari yang paling dekat, dan dari yang paling mudah. Dengan memulainya sekarang juga maka anda telah melakukan start lebih awal.

Demikian 10 tips untuk meraih kesuksesan. Sebenarnya begitu banyak cara untuk meraih sukses lebih dari sekedar 10 tips ini. Teruslah terhubung dengan Amhard Inspire dengan berlangganan motivasi gratis via email, atau follow/like social media Amhard Inspire. Semoga kita mampu meraih sukses yang kita mimpikan.